Warna-warni Payung Pantai Syariah Banyuwangi

3997
Payung wisata pantai syariah dengan panorama laut selat Bali, diresmikan Kamis pagi (02/03/2017). Pantai syari’ah ini direncanakan hanya untuk kaum perempuan. foto: Rendra Kurnia/Jawa Pos Radar Banyuwangi.

batampos.co.id – Banyuwangi punya Pulau Santen yang dikonsep menjadi pantai syariah. Pantai ini diresmikan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anaskamis (2/3/2017).

Pantai syariah itu lebih dikhususkan bagi perempuan. Lelaki tidak diperkenankan masuk kawasan wisata pantai syariah tersebut. Alasannya, seluruh petugas yang memberikan pelayanan di pantai syariah tersebut adalah perempuan dan berkerudung.

’’Ini hari terakhir laki-laki datang ke pantai ini. Besok yang masuk ke tempat ini hanya khusus perempuan,’’ ujar Anas.

Meski begitu, yang masuk di pantai syariah itu bukan hanya kaum muslim dan tidak harus berkerudung.

Masyarakat umum nonmuslim juga diperbolehkan berkunjung. Konsep pantai syariah yang dimaksud adalah seluruh pengunjung di pantai khusus berjenis kelamin perempuan.

Konsep pengembangan pantai syariah lainnya adalah seluruh kawasan pantai itu menyajikan makanan dan minuman halal. Selain itu, akan ada pemberitahuan menjelang waktu beribadah seperti peringatan suara azan, serta tempat bersuci lengkap dengan fasilitas tempat ibadah yang berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan.

’’Jadi, nanti ketika azan berkumandang, seluruh aktivitas di tempat ini harus berhenti. Boleh dilanjutkan kembali setelah azan selesai dan menunaikan salat bagi yang muslim,’’ jelas Anas.  (ddy/aif/c14/diq)

Respon Anda?

komentar