batampos.co.id – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau genap berusia 12 tahu, Jumat (3/3) kemarin. Sederet prestasi telah ditorehkan hingga keamanan Kepri sampai saat ini tetap terjaga.

Namun, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian enggan sesumbar. Ia menegaskan, sederet prestasi yang peroleh Polda Kepri dalam kurun 12 tahun ini, bukan semata kerja keras polisi, tapi ada peran besar masyarakat.

“Kesuksesan dan capaian kita semua selama 12 tahun ini tidak terlepas dari bantuan, dukungan, serta kerjasama dengan masyarakat serta seluruh stake holders,” ujar Kapolda saat menyampaikan amanah pada upacara HUT ke-12 di Mapolda Kepri, Jumat (3/3/) pagi.

Polda Kepri sendiri telah ditingkatkan statusnya menjadi Polda Tipe A. Peningkatan tipe Polda Kepri ini diikuti penambahan satu Polres baru, yaitu Polres Kepulauan Anambas.

Kapolda mengingatkan, tantangan keamanan ke depan makin besar. Terutama  potensi gangguan keamanan terkait tindakan terorisme hingga serbuan narkoba negeri jiran. Begitupun dengan kejahatan kerah putih berupa korupsi,  kolusi, dan nepotisme (KKN).

Sam mengingatkan jajarannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kita akan terus berupaya sekuat tenaga dalam memenuhi setiap tuntutan dan harapan dari masyarakat Kepri,” katanya.

Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian memeiksa pasukan upacara pada acara HUT Polda Kepri ke-12 di Mapolda Kepri, Jumat (3/3). F Cecep Mulyana/Batam Pos

Dalam mewujudkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat tersebut, Polda Kepri tentunya harus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada saat ini dengan melakukan berbagai pelatihan.

“Demi mewujudkan polisi yang profesional dan untuk di percaya oleh masyarakat, kita akan meningkatkan sumber daya manusianya saat ini,” katanya.

Selain melakukan peningkatan SDM, Sam mengatakan bahwa Mabes Polri juga memberikan dukungan penuh kepada Polda Kepri dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan memberikan peralatan dan kelengkapan yang diperlukan.

“Dalam melakukan penjagaan di perairan Kepri, kita juga akan menambah kapal untuk memperkuat kutuhan NKRI,” tegasnya.

Sam menambahkan, angka kriminal di wilayah Kepri dalam beberapa waktu belakangan ini cenderung menunjukkan angka yang menurun dengan dioptimalkannya patroli selama 24 jam penuh oleh jajaran Polda Kepri.

“Selain patroli, saya juga meminta kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga suasana Kantibmas di wilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

HUT ke-12 Polda Kepri ini juga dimeriahkan dengan atraksi tarian devile yang dipersembahkan oleh anak-anak SMK Penerbangan binaan Kapolresta Barelang dan Kasat Lantas Polresta Barelang. Tarian mereka tampak begitu kompak, sehingga membuat para jajaran perjabat utama Polda Kepri dan para tamu undangan memberikan tepuk tangan hingga berkali-kali.

Usai tarian devile itu, para tamu undangan dihibur dengan iring-iringan kendaraan dinas yang digunakan oleh setiap satuan di jajaran Polda Kepri. Iring-iringan kendaraan itu mulai dari mobil penyuluhan milik Satuan Binmas, Mobil penjinak bom milik Satuan Bribmob Polda Kepri, Baracauda hingga mobil water canon milik Satuan Sabhara.

Iring-iringan kendaraan menarik perhatian semua tamu undangan yang hadir. Sebagian besar dari tamu itu, tidak ingin melewatkan momen ini. Mereka tampak terhibur dengan iring-iringan mobil ini, para tamu pun mengeluarkan ponsel pintarnya masing-masing untuk mengabadikan setiap momen.

Upacara HUT ke-12 Polda Kepri ini juga diisi pawai setiap satuan. Jajaran dari satuan Brimob dan Satuan Sabhara tampak garang saat melintasi podium kapolda dan para tamu undangan. Selain itu, mereka juga tampak kompak dalam melintasi podium. (cr1)

Respon Anda?

komentar