Harbour Tug 32 meter yang di Launching oleh PT Citra Shipyard di Seilekop, Sagulung, Sabtu (5/3). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Harbour Tug 32 meter pesanan pengelola pelabuhan Kuantan Port Consortium (KPC) SDN, Malaysia selesai dikerjakan oleh PT Citra Shipyrad, Batam. Kapal dengan nama TB 96 MV Maram itu resmi diluncurkan di kawasan PT Citra Shipyard di Seilekop, Sagulung, Sabtu (4/3) sore.

Peluncuran satu dari dua kapal operasional pelabuhan pesanan Malysia itu disaksikan langsung oleh jajaran pengurus KPC yang dipimpin oleh CEO KPC Dato Haji Khasbullah A Kadir.

Manajer operasi PT Citra Shipyard Hendri Osva menuturkan, BT 96 MV Maram ini mulai dikerjakan sejak 11 April 2016 lalu dan kontrak kerja selama setahun. Namun berkat keseriusan pihaknya untuk menjaga kepercayaan pihak pemerintah Malaysia, kapal tersebut rampung lebih awal dari kesepakatan awal itu. Kapal tersebut rampung dalam kuruang waktu hanya 10 bulan.

“Ada dua kapal pesanan serupa, tapi yang sudah rampung baru MV Maram ini,” ujar Hendri.

MV Maram ini rencananya akan diserahkan ke pihak KPC pada bulan April mendatang.  Sementara Harbour tug 32 M MV Pekan yang dipesan secara bersamaan dengan MV Maram baru bisa diserahkan pada bulan Juli mendatang. Pengerjaan MV Pekan memang agak sedikit terhambat karena ada masalah teknis dengan pemesanan mesin kapal.

“Tapi itu tidak jadi masalah besar, karena bulan Juli juga sudah akan diserahkan juga,” tutur Hendri.

Dua kapal pesanan KPC itu dijelaskan Hendri, merupakan kapal operasional di pelabuhan dengan kekuatan daya tarik (Bolard Pull) 45 ton.

“Kapal ini seperti tugboat pada umumnya, tenaganya lebih pada daya tarik karena tugasnya nanti untuk tarik kapal-kapal yang ada di pelabuhan,” terangnya.

Kapal pesanan KPC, Malaysia itu memiliki panjang 32 meter,  lebar 11,6 meter, tinggi 5,30 meter, draft 4,20 meter serta diperkuat dengan mesin utama 2×2000. HP.

Owner PT Citra Shipayard Ali Ulai dalam arahannya berharap agar kerja sama dan kepercayaan tersebut berlanjut kedepannya. PT Citra Shipyard selalu siap menerima baik untuk perbaiakan ataupun pemesanan kapal baru dengan model apapun.

“Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan ini. Kami selalu mengutamakan kualitas Pak, jadi kedepannya jangan ragu jika ingin pesan kapal lagi. Kami selalu siap kapanpun,” tutur Ali.

Sementara itu Khasbullah dalam sambutannya, menuturkan cukup puas hati dengan hasil kerja PT Citra Shipyard yang telah menyelesaikan kapal pesanan mereka itu.

“Masa pengerjaan setahun, tapi alhamudillah ternyata lebih cepet selesai dan itu kami hargai sangat,” ujarnya.

Selain itu untuk kualitas kapal yang dikerjakan oleh PT Citra juga sangat baik sebab selama pengerjaan berlangsung pihaknya selalu datang melihat proses pengerjaan kapal tersebut. (eja)

Respon Anda?

komentar