Ilustrasi (doc Jawa Pos.com)

batampos.co.id – Pembaca batampos.co.id yang mencintai kesehatan, jangan remehkan perut kosong saat melaksanakan kegiatan. Dampaknya akan terakumulasi jangka panjang.

Sarapan sehat bisa menyantap berbagai macam menu seperti telur, sereal, buah, smoothies, susu berenergi, roti, sandwich, oatmeal dan salad.  Sarapan dapat meningkatkan daya konsentrasi bekerja dan belajar.

Sempatkan sarapan, paling sehat sebelum jam 09.00 pagi selama sepuluh menit.

Ketua Umum Pergizi Pangan, Hardinsyah dalam kampanye “Sarapan Sehat Sebelum jam 9” mengatakan kini sudah semakin banyak masyarakat yang mulai paham akan pentingnya sarapan sehat. Hardinsyah berharap sarapan sehat menjadi kebiasaan baik didalam setiap keluarga dan menjadi gaya hidup setiap pagi.

Menurut Guru Besar IPB  yang lulusan Doktor dari University of Queensland ini, sarapan dapat disebut sebagai sarapan sehat bila memenuhi 2 syarat utama.

Waktu Sarapan
Waktu sarapan yang tepat adalah pagi hari atau sebelum jam 9 pagi di mana kondisi gizi tubuh mulai menurun setelah berpuasa 10-12 jam.

Komposisi Sarapan
Komposisi sarapan yang tepat adalah harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral serta air  yang dapat memenuhi ¼ kebutuhan gizi harian.

“Edukasi memang membutuhkan komitmen dan proses yang berkelanjutan. Untuk itu kami terus mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya sarapan sehat dan kandungan gizi yang dibutuhkan,” katanya dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (7/3). (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar