Jumat, 29 Maret 2024

Pembangunan Bandara Tambelan Mencapai 75 Persen

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemkab Bintan terus menggesa pembangunan Bandara Tambelan, yang saat ini sudah memasuki tahap akhir yakni pengerasan landasan pacu (Runway) sepanjang 1.200 meter dan segera dilanjutkan proses pengaspalan.

“Pengerjaan landasan pacu bandara sudah mencapai 75 persen dan hampir selesai,” ungkap Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bintan, Yefrizon di ruang kerjanya, Selasa (7/3).

Ia menjelaskan pembangunan bandara yang dimulai tahun 2014 ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 17,8 miliar dengan tahap awal pemotongan lahan seluas 300 meter. Dilanjutkan dengan tahap kedua tahun 2015 untuk pemotongan lahan hingga 1.200 meter dengan anggaran sebesar Rp 74 miliar.

“Tahun 2016 pengerjaan sempat berhenti sementara, mengingat terjadi defisit di daerah maupun di Kementerian Perhubungan. Dan tahun ini kami sudah mengajukan lagi untuk pengaspalan, agar bandara ini bisa cepat selesai,” terangnya.

Sementara itu Bupati Bintan Apri Sujadi, menuturkan pembangunan Bandara Tambelan ini akan memberikan fasilitas percepatan aksebilitas untuk merangkai pulau, khususnya di bidang transportasi.

“Dengan adanya bandara ini pasti akan sangat berperan untuk membantu mempercepat urusan masyarakat, pemerintahan, pariwisata, ekonomi, dan lainnya,” jelasnya. (cr20)

Update