Bidik Juara Umum di STQ Kaltara, Kepri Mulai Bersiap

 

batampos.co.id – Kepala Biro Kesra Provinsi Kepri, Tarmidi mengatakan target besar Provinsi Kepri pada hajatan akbar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke XXIV di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) adalah menyabet juara umum. STQ tingkat Provinsi ke VII adalah bagian dari persiapan untuk mencari kafilah terbaik.

“Sekarang ini proses STQ di Kepri masih ditingkatkan Kabupaten/Kota,” ujar Tarmidi menjawab pertanyaan Batam Pos, Rabu (8/3) di Tanjungpinang.

Dikatakan Tarmidi, untuk pelaksanaan STQ ke VII tingkat Provinsi Kepri akan digelar di Batam pada 6 Mei mendatang. Adapun lokasinya adalah Arena MTQ Nasional lalu. Yakni di kawasan Engku Putri, Batam Center, Batam. Masih kata Tarmidi, ada tiga cabang yang akan diperlombakan. Di antaranya adalah, tilawah, tafsir dan Tahfiz.

“Dari tiga cabang tersebut, tilawah ada enam golongan, tafsir satu golongan, dan tahfiz lima golongan,” papar Tarmidi.

Menurut Tarmidi, untuk STQ cabang-cabang yang dipertandingkan memang berbeda dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Ditegaskan Tarmidi, meskipun hanya tiga cabang pada STQ. Tetapi rutin diperlombakan pada tingkat internasional.

“Untuk tingkat nasional akan digelar di Kalimantan Utara setelah Lebaran nanti,” jelas Tarmidi.

Ditambahkan Tarmidi, bagi masing-masing pemenang pada STQ ke VII nanti, adalah calon-calon kafilah yang akan dipersiapkan pada STQ Nasional ke XXIV. Namun demikian, sebelum itu tetap harus menjalani pemusatan latihan. Karena itu bagian pemantapan akhir sebelum bertanding

“Sekarang ini pendaftaran sudah menggunakan sistem online. Pengalaman MTQ Nasional lalu menjadi evaluasi bagi kita terkait persoalan pendaftaran,” tutup Tarmidi.

Seperti diketahui pada hajatan STQ ke XXIII di Jakarta, Provinsi Kepri menyabet juara IV. Khusua untuk STQ Nasional ke XXIV, merupakan keikutsertaan Kaltara dalam ajang akbar ini. Kepri akan melakukan pemusatan latihan di Kota Batam, yakni di Quran Centre Batam.(jpg).

Respon Anda?

komentar