batampos.co.id – Rencana Pemkab Bintan untuk mengembangkan program pembangunan berbasis Smart City terus digesa. Bupati Bintan Apri Sujadi, akan menggandeng PT Telkom untuk mewujudkan sistem aplikasi kota cerdas tersebut.

“Kami menginginkan program aplikasi smart city segera dapat di realisasikan. Pasalnya dengan optimalisasi Penggunaan sistem teknologi informasi pada sistem pemerintahan (E-goverment), diharapkan dapat tercipta lingkungan kerja yang efektif, efisien dan transparan,” Kata Apri usai memimpin rapat bersama PT Telkom di Kantor Bupati Bintan, Rabu (8/2).

Apri menuturkan kemudahan akses dalam pelayanan publik di Kabupaten Bintan sangat diperlukan, untuk itu konsep smart city adalah solusinya dan harus segera di konsep dengan baik.

Menurutnya dengan kondisi Kabupaten Bintan yang terdiri dari pulau-pulau dan jarak antara wilayah ke wilayah cukup jauh, maka penting untuk segera dilakukan pembenahan infrastruktur, seperti masih banyak wilayah di Bintan yang masih belum tercover akses internet, dan itu harus diutamakan.

“Dengan smart city ini diharapkan bisa merubah kebiasaan yang dulunya masih manual, nantinya bisa dirubah ke arah digital yang bisa merubah ke arah perubahan. Khususnya bisa membantu masyarakat, agar lebih mudah dalam melakukan kegiatan,” ungkapnya.

General Manager Telkom Witel Kepri, Sonny Budiwinarso mengatakan ke depan seandainya smart city bisa diwujudkan, yang paling pertama harus dilakukan adalah membenahi jaringan lokal yang ada di wilayah Kabupaten Bintan, karena apabila sudah selesai di benahi, baru bisa mulai memikirkan smart city yang akan dibangun, agar bisa berjalan sesuai harapan.

“PT Telkom sudah memiliki tekad bahwa Indonesia harus dibangun melalui banyak inovasi, yang salah satu sumbernya, yakni menjadi jantung pergerakan digital. Yang kami ciptakan adalah teknologi yang menggabungkan orang-orang, menggabungkan ide-ide, karena kami yakin kota saat ini dibangun melalui ide-ide kreatif,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar