200 Kartu JKN-KIS Dibagikan di Batam

Anggota DPR RI Komisi IX, Siti Sarwindah (baju biru) bersama Kepala Unit Hukum, Komunikasi dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Batam, Irfan Rahmadi membagikan kartu Indonesia Sehat di Asrama Haji, Batam, Kamis (9/3). F. Thandzir untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Pusat melalui Anggota DPR RI Komisi IX, Siti Sarwindah membagikan 200 kartu Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Asrama Haji Batam, Kamis (9/3).

Penyerahan JKN-KIS yang dirangkaikan dengan kegiatan Sosialisasi BPJS Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam sambutannya, Siti menyampaikan, KIS merupakan perluasan dari program JKN yang diluncurkan pemerintah pusat ditujukan bagi keluarga kurang mampu melalui APBN. Ia berpesan kartu sehat yang diberikan tersebut bisa dimanfaatkan dengan benar.

Komisi IX DPR RI selaku mitra kerja BPJS Kesehatan terus berupaya dalam mengawasi penyelenggaraan JKN agar dapat terus berkelanjutan. “Ada 200 orang yang datang kesini mewakili seluruh kecamatan yang ada di Batam,” tutur Siti.

Pembagian KIS, ini, kata dia, akan terus berkelanjutan di enam kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bahkan, untuk Batam saja, pemerintah pusat memberikan tambahan 1.200 KIS yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu.

“Pembagian kita lakukan secara bertahap. Setelah Batam dilanjutkan ke Karimun, Tanjungpinang, Anambas, Lingga dan Bintan,” sebut anggota DPRD RI dari Partai Amanat Nasional daerah pemilihan Kepri tersebut.

Sementara itu, Kepala Unit Hukum, Komunikasi dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Batam, Irfan Rahmadi mengatakan, kepesertaan BPJS Kesehatan terdiri dari dua kelompok. Yaitu peserta JKN non PBI adalah peserta yang membayar iuran kesehatan setiap bulannya.

Sedangkan peserta JKN PBI adalah peserta yang iuran bulanan ditanggung oleh pemerintah untuk masyarakat tak mampu dan peserta berhak mendapat pelayanan rawat inap di kelas tiga. “Secara prosedur sama dengan kartu BPJS Kesehatan mandiri,” kata Irfan.

Seperti diketahui, KIS PIB diluncurkan Presiden Jokowi bersamaan dengan peluncuran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) 3 November 2014 yang berintegrasi bersama Program Keluarga Sejahtera dan Program Indonesia Pintar. (rng)

Respon Anda?

komentar