Selasa, 19 Maret 2024

Pak Wali Banyak Sampah di Laut Batam

Berita Terkait

Sampah laut

batampos.co.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan saat ini masih banyak sampah yang ditemui di laut. Hal ini tidak terlepas dari masih rendahnya kesadaran masyarakat, terutama yang tinggal di pesisir.

Langkah pemerintah sendiri, yaitu mencoba untuk menambah sarana dan prasarana untuk penanganan sampah seperti, penambahan armada jenis boat, yang digunakan untuk penanganan masalah sampah laut.

“Tahun depan kami sudah ajukan lima per kecamatan yang membutuhkan,” tutup Dendi.

Batam menjadi satu dari 23 daerah yang akan menjadi pilot project atau proyek percontohan penanganan masalah sampah laut, yang akan dilaksanakan oleh Kementrian Kemaritiman Republik Indonesia tahun 2017 ini.

Dendi menyebutkan pilot project ini akan dilaksanakan di daerah wisata dan daerah perbatasan.

“Nah, Batam masuk dalam daerah perbatasan, selain itu Kepri juga merupakan kepulauan,” katanya.

Saat ini Indonesia menjadi penyumbang sampah laut terbesar kedua setelah Cina. Dari total delapan juta ton sampah, Indonesia menyumbang 4,48 persen atau 1,29 juta ton sampah ke laut.

“Cukup mengejutkan,  pilot project nanti diharapkan bisa mengurangi sampah laut dari negara kita,” ucap Dendi.

Dendi mengungkapkan Kementerian tengah menyusun regulasi dan tahapan yang akan dilakukan. Pilot project nanti bisa berupa kampanye sampah laut, hingga persiapan saran dan prasarana dalam menangani sampah laut.
(cr17)

Update