Sabtu, 20 April 2024

Antara Tolop, Nipah dan Batuampar

Berita Terkait

Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan saat berkunjung ke Batam (Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.co.id – Pulau Tolop, Batuampar dan Nipah. berada di perbatasan negara, di Perairan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan Singapura.

Ketiganya memiliki potensi yang cukup strategis dan saling mendukung.

Pulau Tolop yang terdapat di Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) yang selama ini dijadikan sebagai pangkalan militer bagi TNI AL. Dari pulau ini dapat dipantau aktivitas lalu lintas laut di Selat Malaka.

Jumat (10/3), pulau ini sempat dikunjungi oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Melihat dari kondisi geografisnya, Luhut berpikir bagaimana pangkalan militer ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu pusat industri. Sehari-hari pulau seluas 8,6 hektare ini dijaga oleh 20 aparat TNI AL yang siap siaga memantau selat Malaka.

Pulau ini memiliki satu dermaga, satu helipad yang berada di tengah pulau. Semakin ke dalam, maka akan bisa melihat sekumpulan gedung tempat para marinir tersebut bertugas.

Ada lima gedung yang terdiri tiga mess, satu ruang serbaguna, dan satu menara kontrol. Di depan komplek bangunan terdapat tembok besar yang dilindungi lagi oleh tembok pemecah ombak. Sehingga pulau ini seperti sebuah benteng besar.

Pulau Tolop ini sulit untuk direklamasi karena berdekatan dengan Pulau Belakangpadang, walaupun pulau tersebut langsung berhadapan dengan Singapura.

“Semua bisa dikoordinasikan, namun salahnya kita tak pernah terintegrasi kerjanya,” jelas Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Dua pulau lainnya, Pulau Nipah dan Batuampar. Kedua tempat tersebut dianggapnya berpotensi karena memiliki kedalaman yang cukup untuk tempat labuh jangkar kapal-kapal besar.

“Pulau Nipah bagus karena area lego jangkarnya sedalam 15 meter. Begitu juga dengan wilayah lautan Pelabuhan Batuampar. Tinggal dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan mengenai teknis dan pengelolaannya nanti,” ujarnya purnawirawan TNI AD itu.

Khusus untuk Pelabuhan Batuampar, sebut Luhut, merupakan salah satu target pembangunan yang bisa menampung banyak kapal.

Sebelum memulai langkah baru dalam merancang industri baru, pihaknya akan melakukan langkah terpadu untuk mengamankan wilayah perbatasan termasuk mengamankan Pulau Tolop.

“Hal yang terpenting adalah segera mengamankan wilayah perbatasan. Pulau Tolop adalah pulau terdepan saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Pulau Nipah selain memiliki kedalaman yang cukup untuk menjadi pelabuhan transhipment juga memiliki lokasi yang relatif cukup mudah untuk direklamasi. (leo/iil/JPG)

Update