Telkom Dukung Bintan Menuju Kota Digital

Bupati Bintan Apri Sujadi saat mencoba simulator e-Desa Living Lab Smart City Nusantara Telkom Jakarta, Jumat (10/3). F.Humas Pemkab Bintan

batampos.co.id – Platform Smart City Nusantara (SCN) milik PT Telkom Indonesia (Persero) siap mendukung Pemkab Bintan menuju kota digital demi meningkatkan kesejahteraan, serta produktivitas dari masyarakat.

“Kami siap membantu memberikan pelayanan berbasis digital untuk kemajuan Kabupaten Bintan,” ungkap Business Government Enterprise Service (BGES) PT Telkom Kepri, Firdaus, saat mendampingi Bupati Bintan, dalam kunjungannya ke Living Lab Smart City Nusantantara Kantor Telkom, di Jakarta, Jumat (10/3).

Firdaus menjelaskan saat ini sudah ada lima aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh tata kelola pemerintahan, yakni layanan e-office, E-kelurahan, E-desa, E-puskesmas, dan layanan keluhan langsung ke pemerintah melalui website khusus yang bisa diakses melalui android.

“Ke lima aplikasi ini, tentunya akan memberikan kemudahan, dengan masing-masing cara kerja dan fungsinya,” ungkapnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi, mengatakan era percepatan informasi untuk membangun tata kelola pemerintah daerah yang baik, tentunya harus didukung dengan teknologi yang bagus.

Menurutnya Kabupaten Bintan memiliki beberapa program unggulan berbasis diantaranya, di Bidang kesehatan, jasa pelayanan masyarakat, pemerintahan, pendidikan, serta pembangunan desa yang harus terus didorong.

Dengan pengelolaan program smart city yang bisa diterapkan di Kabupaten Bintan, maka beberapa akses program unggulan, tentunya akan berjalan dengan baik.

“Kabupaten Bintan memiliki beberapa permasalahan mendasar, seperti masih lemahnya jaringan internet dengan kondisi banyak pulau yang tersebar. Tentunya solusi program unggulan smart city bisa memberikan perubahan yang bagus untuk Kabupaten Bintan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, menyambut baik atas program smart city yang dicetuskan oleh Bupati Bintan.

Menurutnya beberapa solusi pemenuhan jaringan FO, program E-Goverment, PPDB On Line, E- Puskesmas, E-Office, E-Kelurahan, serta pemasangan satelit Mangoesky di seluruh pedesaan, tentunya akan membantu percepatan pelaporan di desa.

“Hasil pertemuan dalam kunjungan ini akan ditindaklanjuti. Bupati juga akan memprioritaskan beberapa program unggulan yang sudah dipaparkan oleh Telkom Pusat. Bila hal ini terwujud, tentunya dalam waktu dekat kita akan melihat perubahan yang signifikan untuk kemajuan Kabupaten Bintan,” tutupnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar