MenPAN-RB Asman Abnur. Foto: Humas Kemenpan-RB

batampos.co.id – Di Batam akan segera hadir satu mal baru. Eits yang satu ini bukan mal sebagai pusat belanja tapi mal pelayanan publik.

Ya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi beserta Pemerintah Kota Batam dan BP Batam terus membahas rencana  pembangunan mal pelayanan publik di Batam.

Setelah dilakukan rapat pembahasan tindak lanjut nota kesepahaman Pemkot Batam dan BP Batam Rabu (22/02) lalu, KemenPAN-RB kembali melakukan pembahasan lanjutan di Kantor Kementerian PANRB, Jumat (10/3/2017), lalu.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, Pemerintah Kota Batam serta BP Batam sudah berkeinginan untuk membangun bersama mal pelayanan publik di kota Batam.

“Dengan menerapkan konsep itu, nantinya dalam satu gedung ada PTSP Pemko Batam dan BP Batam ditambah BKPM,” ujarnya.

Diah menilai, mal pelayanan publik ini sangat tepat dibangun di Batam dan diharapkan akan dijadikan pilot project.

Selain itu, mal pelayanan publik ini juga diharapkan bisa menyelesaikan dualisme pengelolaan PTSP di Batam.

Sementara itu, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tatalaksana Rini Widyantini mengatakan, perlu diperjelas kewenangan absolut pemerintah sebagai pengelola pelayanan.

Apakah kewenangan pemerintah daerah, sebagai daerah otonom, sebagai daerah istimewa, atau sebagai daerah khusus.

“Karena itu kita harus melakukan persiapan yang matang untuk membuat mal pelayanan publik ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin menyambut baik dan mendukung keinginan pemerintah untuk membuat mal pelayanan publik di Kota Batam.

“Saya berharap, pengkajian penyelesaian dualisme pengelolaan PTSP di Batam segera selesai,“ ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur berkeinginan kuat untuk membangun mal pelayanan publik seperti yang diterapkan oleh Azerbaijan yang disebut Azerbaijan Service and Assessment Network (ASAN).

Pelayanan ini menyediakan berbagai layanan instansi pemerintah dan perusahaan swasta tersentral dalam satu pusat layanan. (jpnn)

Respon Anda?

komentar