Zombie Itu Ada di Tengah Masyarakat

796
Seorang lelaki dalam pengaruh Spice. Insert: tampilan Spice. (DAILY MAIL)

batampos.co.id – Zombie hanya ada di kisah film. itu dulu…. sekrang zombie memang “ada”.

Saat ini, zombie mudah ditemukan di jalan kota-kota besar di Inggris. Lelaki atau perempuan berjalan tegak namun kepala tertunduk dengan mata terbuka. Lengan mereka bergelayutan lemas.

Ada juga yang berdiri terpaku di tengah jalan, seperti tidak sadar namun mereka bisa berdiri tegak. Atau, ada juga yang menyandarkan wajahnya di tembok sambil berdiri. Semacam zombie yang ada yang di film-film. Namun, mereka tidak berlumuran darah atau tubuh hancur lebur.

Mereka bukan sedang berakting atau semacamnya. Orang-orang itu adalah korban Spice. Itu adalah ramuan campuran antara tumbuhan herbal dengan bahan kimia tertentu. Pada Mei tahun lalu, Spice resmi dijual secara legal di Inggris dan dinobatkan sebagai narkoba legal.

Tetapi efeknya ternyata mengerikan. Bila dihisap, konsumennya akan berubah menjadi ”zombie.”

Celakanya, harga Spice yang murah dan gampang dibeli, membuat penikmatnya menjadi kecanduan. Bahkan diperkirakan, 95 persen penduduk muda miskin di Manchester, Inggris, sudah menggunakannya dan menjadi pencandu.

Ahli obat sudah mengingatkan mengenai epidemi Spice yang menyebar di Inggris. Dan epidemi itu bisa memicu kejahatan dan bentrokan dengan polisi.

”Secara fisik, Spice memiliki kualitas candu bak heroin dan secara psikologis, efek kecanduannya semacam ganja,” kata Robert Ralphs, pengajar senior kriminal di Universitas Manchester sekaligus ahli obat kepada Daily Mail.

Krisis zombie ini muncul jadi isu nasional setelah ada video yang viral di media sosial. Dalam video itu terekam bagaimana perilaku orang yang sedang dalam pengaruh Spice. (*/tia)

Respon Anda?

komentar