Meresahkan Warga, Pemkab Kurangi Anjing Liar

batampos.co.id – Pemkab Anambas membasmi anjing liar yang ada di sekitar kota Tarempa dan sekitarnya. Pembasmian anjing liar ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya karena sudah meresahkan warga.

Sejumlah anjing liar tersebut seringkali mengacak-acak sampah yang ada di dalam bak sampah. Kaki depan anjing liar itu naik di bak sampah sehingga tak jarang bak sampah yang sudah berisi penuh, sering kali tumpah dan berserakan di jalan.

Bukan hanya itu, sebagian anjing itu juga galak, tak jarang anjing liar itu mengejar anak-anak maupun orang dewasa. Meski bukan untuk dimangsa, namun hal itu cukup menakutkan dan membuat trauma anak-anak.

“Keberadaan anjing liar itu menghawatirkan, kemarin kita dengar anjing itu mengejar anak sekolah, memang belum sempat menggigit tapi itu sudah merupakan ancaman yang membahayakan,” ungkap Sekertaris Dinas Perikanan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Yusmadi kepada wartawan Minggu (12/3).

Dirinya sendiri tidak menargetkan berapa jumlah yang akan dimusnahkan namun paling tidak mengurangi keberadaan anjing liar itu. Apalagi saat ini sebentar lagi pemkab Anambas juga akan mengadakan acara Seleksi Tilawatil Quran, maka hal ini harus cepat dilakukan supaya kondisi di lapangan juga lebih nyaman.

“Kita tak menargetkan harus berapa ekor yang sudah mati tapi target kita mengurangi anjing liar yang berkeliaran, waktu kita untuk
membasmi anjing itu hingga Minggu (12/3) sebelum pelaknsanaan STK dimulai,” ungkapnya lagi.

Dirinya menambahkan, jika untuk pemusnahan ini hanya dikhususkan di Tarempa kecamatan Siantan dulu karena akan adanya acara STK, kemungkinan setelah acara selesai baru akan dilaksanakan pemusnahan di kecamatan lain. “Kita hanya fokus dulu di kecamatan Siantan, kecamatan lainnya nanti menyusul,” jelasnya.

Dewi, salah satu warga Tarempa mengakui jika anjing-anjing liar yang ada di Tarempa memang meresahkan karena seringkali berkeliaran di pemukiman warga. Dirinya juga membenarkan jika anjing liar itu sering mengacak-acak tempat sampah. “Anjing liar itu sering bongkar tempat sampah, meraka cari sisa-sisa nasi atau sisa ikan,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, yang membuat menjengkelkan itu ketika anjing itu sering kencing dan buang air sembarangan disekitar rumahnya. “Kalau makan sisa makanan dan bongkar-bongkar tempat sampah masih lumayan, yang paling tak suka kalau berak sembarangan,” tukasnya. (sya)

Respon Anda?

komentar