Selasa, 19 Maret 2024

Kantor Pos Jual Produk UMKM Melalui Program Online

Berita Terkait

 

Warga sedang melakukan transaksi di Kantor Pos Batamcenter, Senin (13/3).  F. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – PT Pos Indonesia, Kantor Pos Batam mempunyai program baru untuk menunjang penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke era digital atau online. Program ini merupakan kerjasama antara PT Pos Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Koperasi dan UKM.

Dalam program ini, setiap UMKM di Batam dapat memperkenalkan produknya melalui online. Termasuk menjual produk tersebut ke seluruh wilayah di Indonesia, hingga pasar Internasional.

“Jadi nanti kita (Kantor Pos Batam) ada agen yang langsung turun ke tempat UMKM. Kemudian difoto dan langsung dibantu memasarkan produk itu,” ujar Manager Marketing Kantor Pos Batam, Eka Saputra di lokasi, Senin (13/3).

Untuk memasarkan dan menjual produk UMKM ini, PT Pos Indonesia membuat aplikasi dengan nama Nurbaya Invitation. Aplikasi ini nantinya dapat didownload di playstore.

“Nanti pelaku usahanya hanya menyediakan produk saja. Dan kita support penjualan produk ini sampai ke tujuan. Tapi program ini baru akan dilounching,” kata Eka.

Eka menjelaskan sejauh ini produk UMKM khususnya di Batam sangat jauh tertinggal, atau tidak dikenal masyrakat. Hal ini disebabkan wilayah pemasaran produknya terbatas.

“Pelaku usahanya banyak dari kelas bawah dan belum mempunyai pola pikir menjual barang melalui internet. Sedangkan pelaku usahanyakan ibu rumah tangga,” terangnya.

Selain itu, kata Eka, tertinggalnya poduk UMKM karena banyaknya barang impor yang masuk ke Batam. Sehingga merusah harga pasar dan menurunkan daya beli masyarakat ke produk lokal.

“Selama ini kita hanya sebagai pembeli. Nah, mulai sekarang kita balikkan, kita yang menjual,” katanya.

Menurut Eka, Kantor Pos Batam sudah lama mendukung UMKM yang ada di Batam. Hal ini terbukti dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program ini memiliki kucuran dana hingga Rp 500 juta kepada para UMKM.

“Untuk bunganya sangat kecil dan cicilannya sampai tiga tahun. Jadi nanti jika UMKMnya sudah berka\embang dan bisa mandiri, akan kita putus dananya,” terang Eka.

Sementara itu, Manager Pengembangan Outlet dan Agen Kantor Pos Batam, Mohamad Taufik mengatakan banyak produk UMKM yang memiliki daya jual yang tiggi. Seperti kesenian atau aksesoris dari kerang.

“Di tempat (kota) lain produk seperti ini tidak akan ditemukan. Dan masih banyak lagi, seperti kuliner,” ujar Taufik. (opi)

Update