batampos.co.id – Gubernur H Nurdin Basirun menyebutkan pihaknya akan terus menjual potensi besar Kabupaten Anambas, baik pariwisata maupun perikanan. Karenanya pembangunan infrastruktur sangat penting, baik jalan, bandara maupun pelabuhan.

“Kita akan usulkan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata untuk Natuna dan Anambas,” kata Gubernur Nurdin di atas kapal MV Seven Star usai melakukan peninjaun ke Letung, Jemaja, Anambas, Selasa (14/3).

Untuk pembangunan infrastruktur, Pemprov akan terus berkoordinasi dan melakukan singkronisasi dengan Pemkab dan Pemerintah Pusat. Menurut Nurdin, pihaknya bersyukur karena semangat pemerintahan sekarang membangun dari pinggiran menyentuh sejumlah daerah di Kepri, termasuk Natuna dan Anmbas.

Dalam kunjungan itu, Gubernur melakukan peninjauan ke Bandar Udara Letung yang terus menuju selesai 100 persen. Saat ini runway di bandara ini sudah selesai 1.200 meter. Tahun ini ada pengerjaan sehingga selesai 1.430 meter. Meski begitu, mulai Rabu (15/3) ini maskapai Susi Air sudah melakukan penerbangan komersial dari Tanjungpinang. Setiap pekan.

Malah Gubernur Nurdin berharap runwaynya bisa sampai 2.200 meter. Jika sudah sepanjang ini, semakin sedap menjual Anambas yang potensi wisatanya sangat besar. Sekarang saja, untuk Pulau Bawah, yatch yatch sudah mulai berdatangan.

Bisa dari Batam, Tanjungpinang, Singapura ataupun dari Pulau Tioman penerbangannya. Alam yang bagus, kata Nurdin, akan sangat mahal kalau dijual.

“Kalau kita kelola dengan baik, semuanya akan semakin bagus. Apalagi suasana kondusif,” kata Gubernur.

Gubernur yakin, pariwisata akan memberi dampak ekonomi yang besar dan langsung kepada masyarakat. Karena itu, keunggulan pariwisata yang sudah ada di Anambas harus dipromosikan ke dunia luar.

“Kita harus menggerakkan sumber-sumber ekonomi yang potensial dan yang ada,” kata Nurdin.

Nurdin bersyukur tiap daerah di Kepri punya keunggulan masing-masing. Selain wisata, potensi perikanan di Anambas juga harus dimaksimalkan.

Sebelum tiba di Anambas, Gubernur melakukan rapat koordinasi dengan OPD Kepri. Gubernur ingin tiap pembangunan dibuat “sempurna”.

“Kalau membangun jangan tanggung-tanggung,” kata Nurdin kepada peserta rapat. Tampak ikut dalam rapt itu Raja Ariza Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra, Abu Bakar Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Eddy Sofyan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Jumhur Ismail Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Burhanuddin Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Sardison Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Nilwan Karo Humas Protokol dan Penghubung serta Tarmidi Karo Kesra.

Tampak hadir pada kunjungan kerja itu anggota DPRD Kepri Tawarich, Wan Norman, Taufiq dan Raja Astagena. Selain itu hadir juga Kombes Pol Lamazi Karorena Pelda Kepri, Kolonel Infantri Fahruddin Kasrem 033/WP, Letkol Heri Paban Wan Pers Lantamal IV, Kapten Baroto Seto Dansatkom Lanud TPI, Letkol Wing Gondo Pratikno dari Binda Kepri.

Menurut Gubernur, kunjungan ke daerah-daerah ini sangat penting dilakukan. Di lapangan, segala kendala yang ditemukan bisa cepat dicarikan solusinya.

“Karena sekali lihat, kita bisa eksekusi penyelesaiannya,” kata Gubernur.

Selain meninjau bandara, Gubernur juga melihat langsung pantai Padang Melang. Pantai dengan panjang lebih dari 8 kilometer ini memang begitu mempesona. Pasir putih terhampar luas. Karena itu, Gubernur yakin, pariwisata Anambas akan terus bergerak maju.

“Dukungan semua pihak, dukungan masyarakat sangat penting untuk ini,” kata Nurdin. (jpg)

Respon Anda?

komentar