Setiap Desa Dibangun Satu Perpustakaan

1124

batampos.co.id – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkab Natuna Basri mengatakan, Pemerintah Daerah sedang menyiapkan program Natuna membaca yang akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang.

Program Natuna membaca ini kata Basri, dengan menempatkan satu perpustakaan di setiap Desa. Menyesuaikan visi misi Pemerintah daerah dalam RPJMD 2021 mencerdaskan masyarakat Natuna, mandiri dalam kerangka keimanan dalam budaya tempatan.

“Program Natuna membaca dalam proses disiapkan. Wacana ini akan dimulai tahun 2018 mendatang, dengan membangun satu perpustakaan disetiap Desa,” kata Basri, Selasa (14/3).

Membangun satu perpustakaan satu Desa kata Basri, untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan masyarakat di Desa dan menjadi Desa pintar natinya.

Secara teknisnya sambung Basri, pengembangan perpustakaan Desa akan digunakan dari dana pendidikan sebesar 5 persen. Bahkan pembangunan perpustakaan Desa akan dikelola Desa. Dinas perpustakaan Kabupaten menyiapkan sumber daya manusia.

“Wacana program Natuna membaca ini sudah dibahas di masing-masing SKPD dan mendapat respon Bupati agar realisasinya dipercepat,” sebut Basri.

Dikatakan Basri, penyisihan 5 persen dari dana pendidikan sebesar 20 persen juga akan disiapkan dalam bentuk Peraturan Daerah untuk kepentingan pengembangan bidang perpustakaan dan arsip.

Menurut Basri, penyisihan alokasi dana pendidikan sebesar 5 persen untuk perpustakaan sudah dinilai tepat. Karena peruntukkan untuk pendidikan informal. Dan tentu akan membuka lowongan kerja baru disetiap Desa.

“Sekarang sudah ada 7 puskesmas di Kecamatan, nanti akan diserahkan ke Desa. Dan tinggal dibangun sekitar 70 perpustakaan Desa lagi tahun 2018 mendatang,” ujar Basri.(arn)

Respon Anda?

komentar