Disdik: Guru Harus jadi Orang Tua di Sekolah

1199
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Lingga, Kasiman mengatakan peran guru tidak hanya mengajar namun harus menjadi pendidik. Seorang guru lanjutnya harus jadi orang tua di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Kasiman saat membuka Bimbingan tekhnis penyelenggara pendidikan keluarga pada 42 satuan pendidikan dan 8 unsur pendidikan di Kabupaten Lingga. Kegiatan yang digelar di aula Penginapan Anugrah Kampung Tanda Hilir tersebut merupakan kerjasama dirjen PAUD, Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Disdik Kabupaten Lingga.

“Peran pendidikan sangat penting. Begitu juga peran keluarga dan peran dari institusi pendidikan. Guru yang menjadi orang tua di sekolah cukup langka saat ini. Guru kini mengajar dan wajib mendidik. Jadilah guru yang menjadi orang tua di sekolah,” pesan Kasiman dalam pembukan Bimtek yang diikuti 50 guru dari tingkat PAUD, SD dan tingkat SMP, Pendidikan Non Formal (PNF), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Rabu (15/3) siang.

Selain peran guru lanjut Kasiman, keluarga dan masyarakat juga harus saling bersinergi. Agar anak-anak sebagai generasi penerus mendapatkan pendidikan yang baik.

“Semua harus bersinergi. Tenaga pendidik, sekolah dan masyarakat harus bersinergi. Kami juga tengah berupaya menggodok peraturan daerah (Perda) terkait jam belajar anak. Ini butuh kerjasama semua pihak,” jelasnya.

Sedangkan untuk narasumber dan fasilitator dari pusat untuk kegiatan yakni Adi Sutrisno dari Dirjen PAUD dan Dikmas serta Sugianto. Sedangkan narasumber daerah yakni H Isnin, Sahrel. (mhb)

Respon Anda?

komentar