Wasiat Hasyim Muzadi tentang Tanah Makamnya

1182
Inilah lokasi tempat peristirahatan terakhir almarhum KH Hasyim Muzadi di Pesantren Al Hikam Depok, Jawa Barat. (Desyinta/JawaPos.com)

batampos.co.id – Kiai Haji (KH) Hasyim Muzadi menunjuk sendiri di mana dia ingin dikebumikan.

Sebulan sebelum wafat, almarhum menyampaikan wasiatnya itu.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu meminta dimakamkan di areal Pondok Pesantren Al Hikam II, Depok, Jawa Barat. Bahkan Hasyim menunjuk sendiri lokasi tempat peristirahatan terakhirnya.

“Beliau tidak mau dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) jika wafat nanti. Dia menginginkan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam II,” kenang menantu Hasyim Muzadi, Arif Zamhari di Depok, Kamis (16/3).

“Beliau sejak awal menunjuk tempat itu langsung, satu bulan beliau sebelum meninggal, pakai kursi roda jalan pagi-pagi beliau menunjuk tempatnya langsung. Saya rasa itu isyarat,” lanjut Arief.

Hasyim juga tak mau dirawat di Rumah Sakit.

“Saya mau meninggal di pesantren,” ucap Arif mengingat perkataan mertuanya itu.

Diketahui, Hasyim Muzadi meninggal dunia pagi tadi sekitar pukul 06.15 WIB di Pesantren Al Hikam I, Malang, Jawa Timur. Dia pun sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang selama 10 hari.

Kemudian pada Sabtu (11/3), pria yang sempat mencalonkan diri sebagai wakil presiden di 2004 lalu kembali dilarikan ke Rumah Sakit Lavalette. Lalu pada Senin (13/3) ia pulang ke kediamannya, sebelum akhirnya meninggal dunia.(dna/JPG)

Respon Anda?

komentar