Awal Tahun, Wisman ke Batam Merosot

Turis Singapura tiba di Pelabuhan Internasional Sekupang, Sabtu (11/3). Di hari Sabtu dan Minggu turis luar negeri ramai mengunjungi Batam untuk liburan dan belanja. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Pebrialin mengatakan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata mancanegara ke Batam, Kempar akan mengalokasikan sedikitnya 50 ribu tiket weekdays (Senin-Jumat) bagi Batam.

Batam sebagai pintu masuk pariwisata diharapkan bisa mendatangkan jumlah wisatawan terbanyak ke Kepri.

“Nah, setelah dari Batam mereka bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang berada di Kepri,” kata Pebrialin, akhir Februari lalu.

Tiket weekdays tujuan Singapura-Batam, Johor-Batam pulang pergi bagi wisatawan asal Negeri Singa dan Negeri Jiran. Teknis pemberian tiket gratis ini melibatkan para agen travel yang mengajukan proposal.

“Masih kami tunggu, nanti akan langsung disampaikan ke Kemenpar untuk secepatnya diproses, semakin cepat semakin baik, karena tahun ini kami ditargetkan 1,7 juta wisatawan mancanegara,” pungkas dia.

Pada Januari 2017 lalu, Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau mencatat telah terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke kota Batam. Dari data resmi tersebut, dipaparkan penurunan kunjungan wisman pada awal 2017 dibandingkan Desember 2016 mencapai 18,55 persen atau sebanyak 29.549 orang.

“Pada Desember 2016 turis ke Batam sebanyak 159.277 orang, sedangkan pada Januari 2017 hanya 129.728 orang,” sebut Kepala BPS Kepri, Panusunan Siregar, kemarin.

Penurunan di Kota Batam sontak ikut menyumbang andil dalam penurunan jumlah wisatawan di Kepri dalam periode yang sama. Panusunan menyebutkan, secara kolektif memang telah terjadi penurunan kunjungan wisman pada empat pintu masuk internasional yang ada di Kepulauan Riau.

Penurunan jumlah kunjungan wisatawan terbesar terjadi di Tanjungpinang. Di ibu kota provinsi ini penurunan mencapai 20,88 persen. Sedangkan di Bintan turun 19,15 persen dan di Karimun hanya 10,63 persen.

“Wisman yang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau selama bulan Januari 2017 tercatat sebanyak 172.698 kunjungan atau mengalami penurunan sebesar 18,44 persen dibanding kunjungan wisman selama bulan Desember 2016 yang mencapai 211.732 kunjungan,” beber Panusunan.

Guna kian mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara, Pemko Batam bekerja dengan Kementerian Pariwisata kini punya cara cukup unik, yakni memberikan tiket gratis bagi pengunjung luar negeri.

Cara tersebut sedang dioptimalkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Pemberitan tiket gratis ini melibatkan agen perjalanan yang biasa mampu mendatangkan para turis ke dalam negeri. (aya)

Respon Anda?

komentar