batampos.co.id – Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing, yang mewakili Provinsi Kepri masuk enam besar dalam lomba Kelurahan Pangan Tingkat Nasional tahun ini. Bersama Provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Jogyakarta, Sumatra Barat, Kalimantan Tengah. Dan kemarin (16/3), tim ferivikasi dari Tim Verivikasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pusat dan Provinsi Kepri melakukan penilaian dan verifikasi langsung kelapangan.

” Alhamdulillah, kita masuk dalam nominasi tingkat Nasional. Ini berkat, peranan semua pihak terutama pentingnya makanan sehat yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Camat Tebing Herisa Anugrah.

Terpilihnya Kelurahan Teluk Uma yang mewakili Provinsi Kepri tidak serta merta begitu saja, namun ada proses dan tes yang harus dilalui terlebih dahulu. Yang akhirnya, keluar surat rekomendasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepri untuk mewakil Kepri ditingkat Nasional.

Seperti, memberikan penyuluhan kepada komunitas pangan ditingkat kelurahan dengan bekerjasama pihak-pihak lainnya. Kemudian, melakukan kerjasama dengan Pemkab Karimun melalui Dinas Kesehatan untuk memberikan penyuluhan kepada komunitas pangan secara teknis terjun kelapangan.

” Peranan kader-kader terkaitlah yang berhasil mengusung Kelurahan Teluk Uma masuk dalam nominasi Nasional. Dan paling penting adalah partisipasi masyarakat yang mendukung terhadap ketahanan pangan,” tuturnya.

Dengan terpilihnya Kelurahan Teluk Uma lanjut Herisa, semoga akan mampu menciptakan masyarakat yang cerdas dibidang ketahanan pangan. Dalam penilaian tersebut melibatkan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Puskesmas Tebing, Kecamatan Tebing, Ibu-ibu PKK Tebing, tim ketahanan pangan Teluk Uma, kepala sekolah, RT dan RW.

” Jadi dalam penilaian tersebut, semua instansi terkait memberikan pemaparan kepada tim. Bagaimana menciptakan ketahanan pangan dilingkungannya,” ucapnya.(tri)

Respon Anda?

komentar