Kepala BP Batam: 11 Perusahaan Asing akan Investasi di Batam

880
Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro

batampos.co.id – Batam masih menjadi tujuan investasi yang menarik bagi asing. Dalam waktu dekat 11 perusahaan asing akan berinvestasi di Batam. Semuanya perusahaan besar.

“Ada GMF dan Roll-Royce yang sudah mengatakan niatnya untuk investasi di sini. Ini sangat luar biasa. Bahkan GMF rencananya akan mulai 2017 ini,” kata Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro.

Hatanto mengatakan Roll-Royce dan Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) kemungkinan tidak hanya memproduksi mesin pesawat tetapi juga mesih lainnya. Di mana perusahaan-perusahaan ini nantinya akan mampu menampung tenaga kerja yang banyak.

“Kami dikasih tahu mereka, GMF ini nantinya akan menampung sekitar 10 ribu karyawan. Saya kurang hafal, tetapi ada sekitar 11 perusahaan yang akan masuk,” katanya.

Kedepannya, BP Batam juga akan roadshow untuk mencari investor di bidang shipyard. Di mana Batam adalah kota dengan jumlah perusahaan shipyard terbanyak di Indonesia.

Tetapi saat ini, perkembangan shipyard terkendala karena memang permintaan minim. Juga karena industri pendukung sedang lesu.

Cara yang paling memungkinkan untuk memajukan shipyard di Batam menurut Hatanto, adalah dengan menggabungkan beberapa perusahaan yang kecil. Sehingga bisa memproduksi kapal yang lebih besar dengan teknologi yang lebih hebat.

“Jadi perusahaan-perusahaan kecil harus merge. SUpaya bisa mempunyai kemampuan yang lebih besar. Dan ketika menjadi besar maka kita bisa undang investor besar,” katanya.

Menurutnya saat ini banyak perusahaan yang hanya bisa mampu untuk membuat kapal tongkang. Padahal permintaan menurun.

“Kami akan mulai jalan untuk Shipyard ini, dan kita harus bisa skala besar supaya bisa bersaing dengan PT PAL,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar