Pemkab akan Kawal Kegiatan Hingga ke Pusat

batampos.co.id – Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, mengungkapkan, pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak lama lagi akan melaksanakan Musyawarah rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten.

Pembangunan yang diprioritaskan akan dikawal hingga ke tingkat Provinsi bahkan pemda siap mengawal program yang sudah direncanakan hingga ke tingkat musrenbang nasional yang rencananya dilaksanakan akhir April atau awal bulan Mei mendatang. “Kita akan kawal program-program daerah hingga ke Provinsi bahkan hingga ke pusat,” ungkapnya kepada wartawan Kamis (16/3).

Wan Zuhendra juga menegaskan bahwa seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) agar dapat lebih proaktif dalam menjalankan program kerja yang sesuai dengan visi misi. Jika hal ini tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan maka tidak menutup kemungkinan jabatan yang diemban oleh kepala OPD akan dievaluasi.

“Ya sudah tentu kita berharap seluruh kepala OPD dapat bekerja sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan dalam visi misi. Jika ada yang terkesan lamban menjalankan program tersebut maka akan dilakukan evaluasi terkait jabatannya,” ungkapnya.

Menurutnya, program kerja Pemkab sejalan dengan program kerja Pemprov terkait pengembangan pembangunan pariwisata dan perikanan. Berdasarkan kunjungan kerja yang dilakukan oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun kemarin dapat disimpulkan bahwa program kerja bisa dilaksanakan dengan kerja sama yang baik.

Pada prinsipnya Pemprov sangat mendukung dan akan mendorong program kerja dibidang pariwisata dan perikanan khususnya. Namun bukan berarti program lain tidak diperhatikan, tapi yang lebih fokus yakni dibidang pengembangan wisata dan perikanan.

“Pemprov sangat mendukung. Program kerja bisa dilaksanakan dengan melakukan kerja sama yang baik. Beberapa waktu kedepannya kita akan meminta pihak pemprov dapat mengatur jadwal kegiatan pertemuan untuk melanjutkan pertemuan-pertemuan sebelumnya,” jelasnya.

Ia juga berharap kepada kepala OPD agar dapat melakukan komunikasi dengan intansi terkait di Pemprov. Ia tidak ingin lagi mendengar
bahwasanya pihak Pemkab yang terkesan kurang melakukan komunikasi. Semua itu bisa dilaksanakan, asal memiliki niat dalam bekerja dan sudah tentu harus melalui mekanisme dan aturan yang berlaku.

Kata Wan Zuhendra, sejauh ini kinerja para kepala OPD masih bisa dikatakan baik dan diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi
kedepannya. Pihaknya juga mengaku bahwa hasil kinerja setiap OPD tetap dipantau dan dilakukan evaluasi, jika ada kendala dalam pelaksanaan program kerja maka diperlukan bersama-sama mencari solusinya agar segala persoalan bisa diselesaikan dengan baik dan benar.

“Saat ini kinerja setiap OPD masih baik dan kita terus melakukan rapat kerja untuk mencari solusi dan hal itu dilakukan apabila ada kendala dalam menjalankan program kerja,” pungkasnya. (sya)

Respon Anda?

komentar