ilustrasi

batampos.co.id – Satu kontainer rokok tanpa cukai kembali masuk ke Tanjungpinang. Rokok tersebut tersebut diangkut truk kontainer nopol B 97XX VQ, ke salah satu gudang di kawasan Dompak.

Informasi di lapangan, rokok tersebut nantinya akan diedarkan oleh perusahaan yang mendapat kuota dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) FTZ Tanjungpinang diluar kawasan berikat.

Salah seorang warga yang ditemui tak jauh dari gudang tempat penimbunan rokok tanpa cukai di kawasan Dompak, yang minta namanya tidak disebutkan mengatakan, kontainer yang berisi rokok itu sudah berada disana sejak Kamis (16/3) lalu. Namun, belum dibongkar karena disegel oleh KPPBC Tipe B Tanjungpinang.

“Informasinya tidak dibongkar karena disegel. Selain itu belum ada pihak Bea Cukai yang periksa dan mengawasi aktivitas itu,”ujar warga itu.

Saat dikonfirmasi terkait penyegelan kontainer rokok tersebut. Kasi Penegahan dan Penindakan (Kasi P2) KPPBC Tanjungpinang, Agus Tris, membenarkan.

Penyegelan dilakukan pihaknya, karena dokumen yang dimiliki saat membawa rokok itu belum lengkap dan pihaknya belum mengetahui jumlah rokok yang berada dalam kontainer itu.

“Kalau dokumennya sudah lengkap, baru segelnya kami lepas. Nah, sampai saat ini belum ada permintaan untuk buka segel itu,” ujar Agus saat dikonfirmasi.

Terpisah, kepala PTSP FTZ Tanjungpinang, Den Yelta, yang dikonfirmasi apakah mendapat laporan dari pengusaha rokok tanpa cukai tersebut saat membawa rokok itu ke Tanjungpinang mengatakan perusahaan tidak ada kewajiban untuk melaporkan ke Badan Pengawasan. Namun, pihaknya nanti yang mengecek realisasi dokumen cukai atau surat jalan.

“Jadi kami hanya mengecek dokumen atau surat jalan pemasukan barang yang dikeluarkan pabrik dan Bea Cukai,”kata Den Yelta.
(ias)

Respon Anda?

komentar