Rabu, 24 April 2024

Warga Batam masih Sering Parkir Sembarangan

Berita Terkait

Meskipun sudah terpasang rambu larangan parkir namun sejumlah pengendara masih memarkirkan kendaraan dikawasan jalan Engku Putri Batamcentre, Jumat (17/3). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kesadaran sejumlah pemilik kendaraan untuk tidak parkir sembarangan ternyata masih kurang. Banyak pengendara yang parkir di pinggir jalan, meski di kawasan itu sudah ada larangan.

Seperti yang terlihat di pinggir jalan depan Pelabuhan Internasional Batam Center, Jumat (17/3). Puluhan kendaraan roda empat dan dua tampak parkir di tepi jalan tersebut. Kondisi itu tentunya menyulitkan kendaraan yang melintas karena ruas jalan untuk dilalui bertambah sempit.

“Tiap hari disini macet, apalagi ada angkot yang berhenti dadakan. Sudah ada larangan untuk tidak parkir, tapi mereka tetap parkir,” kata Sastrio pekerja swasta di kawasan Batamcenter, kemarin.

Kondisi serupa juga terlihat di depan Kantor Imigrasi Batamcenter. Lajur jalan yang luas dimanfaatkan pengendaraa roda empat untuk parkir sembarangan. Padahal di kawasan itu sudah ada tanda larangan parkir. Bahkan larangan untuk tidak parkir tak hanya berupa rambu-rambu lalu lintas, tapi juga spanduk yang dipasang di pinggir jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri , cukup kewalahan menghadapi pengendara yang kerap kucing-kucingan dengan petugas. Padahal sudah ada larangan untuk tidak parkir, namun sejumlah pengendara tetap tak mengendahkan larangan itu.

“Kita sudah galakan untuk tidak parkir di pinggir jalan. Namun pengendara ini kucing-kucingan dengan petugas. Mereka parkir disaat petugas tak ada,” kata Yusfa yang dihubungi, kemarin.

Menurut dia, saat ini Dishub Batam sedang melakukan langkah persuasif untuk menertibkan kendaraan yang parkit sembarangan. Bahkan, pihaknya juga tengah menunggu pengesahan Perda tentang larangan parkir yang baru.

“Jika Perda itu sudah terbit, maka ada aturan yang jelas. Kita bisa ngembosi dan tindak pengendara yang parkir sembarangan itu. Tapi sekarang hanya bisa peringatan saja,” terang Yusfa. (she)

Update