Warga Bengkong Ingin Jalan di Bengkong Dilebarkan

batampos.co.id – Sejumlah masyarakat Bengkong menginginkan jalan di kawasan Bengkong diperlebar. Mengingat kawasan tersebut cukup padat dilalui kendaraan. Apalagi di jam-jam sibuk kerap terjadi macet.

Kondisi seperti itu disampaikan oleh masyarakat dalam Musrembang yang digelar di Kecamatan Bengkong. Akan tetapi, hal itu belum dapat dipenuhi karena terbatasnya anggaran dan pendapatan dan belanja daerah.

Angggota DPRD Kota Batam Udin P Sihaloho mengatakan hampir 90 persen permintaan masyarakat untuk kegiatan fisik. Mulai dari pelebaran dan perbaikan jalan, drainase dan lainnya.

“Rata-rata pembangunan fisik, kalau dikalkulasi sekitar 90 persen. Namun APBD kita yang hanya Rp 2,5 triliun tak bisa melakukan pembangunan secara serentak,” terang Udin di Gedung DPRD Kota Batam, kemarin.

Dikatakannya, keterbatasan anggaran itu membuat sejumlah masyarakat kecewa. Padahal ada pembangunan fisik yang telah diprioritaskan untuk dibangun tahun 2018 nanti. Seperti tembusan jalan dari Bengkong Sadai ke Batamcenter. Dimana kedepannya akan dilakukan pengaspalan hingga jalan tersebut bisa dilalui masyarakat dengan nyaman.

“Harusnya masyarakat tidak proyek fisik saja. Tapi juga bagaimana mendapatkan modal atau meningkatkan UKM, agar bisa membuka lapangan kerja. Namun dalam musrembang, tak ada yang mengemukan itu. Mereka lebih fokus pembangunan fisik,” jelas Udin.

Disisi lain, Udin mengakui kondisi jalan di Bengkong cukup sembraut dan padat. Angka kecelakaan dan macet cukup tinggi karena jalur jalan padat dengan lalu lalang kendaraan.

“Memang sempit dan harusnya dibikin dua jalur. Seperti di Seibeduk dan Tanjunguncang itu jalannya sudah dua jalur dan dua lajur. Bengkong harusnya seperti itu, mengingat jumlah penduduk di Bengkong juga padat,” pungkas Udin. (she)

Respon Anda?

komentar