Kemenhub Turun Langsung, Investigasi Penyebab Kebakaran Baterai

ilustrasi
foto: pbs.org

batampos.co.id – Pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia turun langsung melakukan investigasi, mencari tahu penyebab kebakaran di kargo Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Sebab ada ketakutan, bila sempat dua koli baterai ponsel ini sudah berada di dalam pesawat. Akan menyebabkan kejadian yang lebih tak diinginkan.

Investigasi ini diharapkan agar kejadian serupa tak terulang kembali di kemudian hari.

Mengenai adanya investigasi Kemenhub ini, dibenarkan oleh General Manager Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso.

“Iya,” katanya pada Batam Pos, Sabtu (18/3).

Ia mengatakan masih mencari tau penyebab kecelakaan, dimana akan dilakukan penyelidikan yang lebih mendalam. Mengenai baterai ponsel yang akan di kirim melalui pesawat Garuda GA 159 dari Batam tujuan Jakarta tersebut. Suwarso menyebutkan pihaknya, masih belum mengetahui baterai itu aman atau tidak.

“Itu yang akan di investigasi,” ucapnya.

Dari informasi yang didapat baterai yang terbakar itu dipergunakan untuk ponsel iphone dan lenovo. Dua koli paket baterai itu di pemberitahuan tentang isi (PTI) tertulis “spare part”. Paket ini rencananya akan kembali dikirimkan dalam jumlah banyak.

Sementara itu Kapolsek Bandara Hang Nadim Batam, Iptu Betty mengatakan pihaknya telah meminta keterangan dari berbagai pihak.

“Mulai dari petugas ekpedisi hingga pengirim. Kami melihat, semuanya sesuai prosedur, tak ada yang menyalahi aturan,” tuturnya.

Ia mengatakan juga sudah mengecek manifes pengiriman barang.

“Sesuai, isi manifes dengan barang yang dikirim,” ucapnya.

Betty mengucapkan hal yang senada dengan Suwarso, pihaknya masih belum menemukan penyebab kebakaran tersebut.

“Belum, belum, masih kami selidiki,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan terjadi kebakaran di kargo Bandara Internasional Hang Nadim Batam, akibat petugas memindahkan barang yang berisikan baterai ponsel dengan cara dilempar.

Diduga ada terjadi gesekan, sehingga membuat dua koli paket baterai ponsel itu terbakar. Untungnya, kebekaran ini cepat ditangani oleh petugas yang berada di kargo. Sehingga tidak merambat kemana-mana. (ska)

Respon Anda?

komentar