Demi Duit Rp45 M, Ling Ling Diculik dan Disekap di Batam

Kombes Herry Heryawan (kanan) berbincang dengan korban penyekapan Ling Ling di Mapolda Kepri, Minggu (19/3). F. Istimewa untuk batampos.co.id

 

batampos.co.id – Seorang warga negara Malaysia bernama Ling Ling dirampok kemudian diculik pada Selasa (21/2/2017) lalu sekira pukul 19.25 waktu Malaysia di daerah Kulai Johor, Malaysia. Lima orang bersenjata api kemudian membawa kabur wanita tersebut menggunakan mobil dan kemudian dibawa ke Batam.

Ling Ling dibawa kabur melalui pelabuhan tikus (ilegal) di Batam kemudian disembunyikan di salah satu rumah di Seitemiang, Seiharapan. Para penculik itu terdiri dari WN Malaysia serta WN Indonesia.

Mabes Polri kemudian membentuk Tim Satgas untuk menemukan Ling Ling di Batam. Kapolri Jenderal Tito Karnavian kemudian menunjuk Kombes Herry Heryawan yang kini menjabat Kapolresta Depok untuk mengungkap kasus tersebut di Batam.

Para penculik ini menurut Herry sempat meminta uang tebusan sebanyak 5 juta dollar Singapura atau sekitar Rp 45 Miliar (kurs 9000,red) dari suami Ling Ling.

Sebelum membawa kabur Ling Ling ke Batam, para pelaku berkali-kali menelpon suami Ling Ling untuk meminta uang tebusan tersebut. Suami korban dan pelaku sempat nego nilai tebusan hingga menembus angka 3 juta dollar Singapura kemudian diturunkan lagi menjadi 2000 dllar Singapura.

Pada Selasa (14/3/2017) lalu, Polisi Diraja Malaysia (PDRM) berhasil menangkap 6 pelaku yang merupakan WN Malaysia. Mereka kata Herry Heryawan yakni Beh Joo Siong, Lee Fa Xian, Soh Wei Lon, Beh Joo Wi, Chew Chee Boon, dan Lim Siou Siang.

Kepada polisi, pelaku mengaku rekan-rekan mereka yang lain telah membawa kabur Ling Ling ke Batam. PDRM kemudian meminta bantuan Bareskrim Polri untuk menyelamatkan Ling Ling di Batam.

Herry Heryawan yang telah tiba di Batam sejak awal pekan lalu langsung menyelidiki keberadaan korban penculikan itu. Untuk mengetahui keberadaan Ling Ling di Batam, polisi harus bergerak ke Palembang untuk mencari wanita bernama Sallyna, yang diduga merupakan istri dari Wak Lan (otak penculikan).

Keberadaan Ling Ling pun terungkap pada Minggu (19/3/2017) sekira pukul 05.15 dini hari. Herry Heryawan cs langsung menyergap penculik lainnya serta mengamankan Ling Ling dalam keadaan selamat.

Mereka yang ditangkap di Seitemiang itu sebanyak 6 orang yakni Puncahyadi, Saleh, Atanassius, Baltasar, David dan Hartadi.

Informasi yang dihimpun batampos.co.id, pagi ini (20/3/2017) Atanassius dan Baltasar telah dilepas karena diduga tidak terlibat dalam kasus tersebut. (spt)

Respon Anda?

komentar