Hanya MAN Batuaji yang Siap UNBK

529
ilustrasi

batampos.co.id – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di tingkat madrasah belum mampu seluruhnya menggunakan komputer. Merujuk data yang diberikan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, tercatat hanya ada satu madrasah aliyah yang menerapkan UN Berbasis Komputer (UNBK).

“Iya, hanya MAN Batuaji Batam saja yang UNBK,” kata Kasi Kurikulum dari Kanwil Kemenag Kepri, Juremi pada Batam Pos, Senin (20/3).

Itu pun, sambung Juremi, pelaksanaan UNBK di MAN Batuaji masih belum optimal laiknya pelaksanaan di sekolah negeri pada umumnya. Kata dia, sebagai peserta ada yang harus menggunakan laptop pribadinya masing-masing. Hal ini lantaran belum semua perangkat koputer yang tersedia di sekolah layak digunakan.

Menurut Juremi hal itu bukan masalah. Pasalnya, pihaknya telah berunding dan berkonsultasi dengan Kemenag RI.

“Ini dibenarkan pusat kok karena alat-alatnya memang belum lengkap,” kata Juremi.

Mengenai pelaksanaannya, Juremi menuturkan, UNBK di MAN Batuaji akan dibagi dalam dua sesi yang akan diikuti lebih dari 200 peserta. Dengan begitu diharapkan pelaksanaan di masing-masing sesi bisa berlangsung optimal.

Sementara beberapa madrasah aliyah swasta, sambung Juremi, juga dirasa belum sanggup untuk menggelar pelaksaaan UNBK dengan sungguh-sungguh. Pasalnya juga berkenaan dengan kemampuan melengkapi sarana prasarana komputer dan jaringan sebagai syarat mutlak.

“Insya Allah tahun depan baru bisa bertambah,” kata Juremi.

Untuk itu sisa madrasah aliyah yang lain akan melaksanana UN berbasis kertas pensi (UNKP) yang akan dimulai serentak bersama dengan UNBK pada 10 April mendatang. (aya)

Respon Anda?

komentar