Ingat! Polisi Itu Pelayan Bukan Penindas Masyarakat

Sebanyak 146 bintara baru Polda Kepri disiram oleh air dari Mobil Water Canon di Mapolda Kepri pada Senin (20/3). Penyambutan ini merupakan tradisi khas Polri yang menandakan Bintara mengakhiri masa pendidikan di SPN. Dan memulai masa pendidikan pembentukan di Mapolda Kepri. F. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian menyambut sebanyak 146 bintara baru di Mapolda Kepri pada Senin (20/3). Penyambutan ini dilakukan dengan cara khas Polri. Para Bintara ini disiram dengan air, untuk menandakan mengakhiri masa pendidikan di SPN. Dan memulai masa pendidikan pembentukan di Mapolda Kepri.

Sam menyampaikan beberapa pesanya kepada polisi-polisi baru tersebut. “Polisi itu pelayan bukan penindas,” katanya pada sambutan, Senin (20/3).

Ia meminta para bintara baru ini menjadi polisi yang humanis. Sehingga bisa bertugas melayani dan mengayomi masyarakat. Pedoman moral dan hidup yang disampaikan Sam lainnya yakni, meminta kepada para bintara baru, dalam menjalankan tugas sebagai bentuk amalan kepada tuhan. “Dan selalu menjungjung tinggi kebenaran hakiki,” ucapnya.

Sam juga mengingatkan kepada para bintara yang baru, agar selalu berkerjasama dengan berbagai pihak. Membangun kemitraan dengan siapapun, dalam menjalankan tugasnya. “Selalu meningkatkan kemampuan personel,” tuturnya.

Ia berharap para bintara baru ini selalu membentengi diri dari tindakan yang tercela. Dimana tindakan ini merugikan masyarakat dan mencoreng nama kepolisian. “Disiplin diri, dan ikutilah pelatihan-pelatihan dengan serius,” ungkapnya.

Dari data yang didapat Batam Pos 146 bintara baru itu terdiri dari 77 bintara laki-laki asal Polda Kepri, 48 orang dari Polda Metro. Lalu sebanyak 11 Polwan, 2 bintara Polair, dan delapan ornag bintara khusus penyidik. (ska)

Respon Anda?

komentar