Klenteng Pai Yi Thang Habiskan Rp 2 Miliar

401
Suasana Klenteng Pai Yi Thang Karimun, saat peresmian. F.ist.

batampos.co.id – Pembangunan Klenteng Pai Yi Thang di RT02/RW02 Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, mencapai Rp 2 miliar. Pembangunan Klenteng Pai Yi Thang di atas lahan seluas 12 x 20 meter itu, dirampungkan secara patungan dari warga Tionghoa di Jakarta, Batam, Tanjungpinang dan Karimun selama dua tahun.

”Saya bersyukur, pembangunan Klenteng Pai Yi Thang rampung dikerjakan. Dan sudah bisa dipergunakan untuk sembayang bagi warga Tionghoa,” kata pengurus Klenteng Pai Yi Thang Guan Hong atau Kasmir, Senin (20/3).

Peresmian Klenteng Pai Yi Thang sendiri sudah dilakukan Senin (13/3) lalu, dengan ditandai pertunjukan barongsai, dan pawai yang dimulai dari Klenteng Pai Yi Thang hingga Baran I. Kemudian, dilanjutkan sembahyang selama tiga hari, dan lelang makanan kepada para tamu undangan. Sementara penutupan dilaksanakan Sabtu (18/3) malam lalu dengan dimeriahkan penampilan artis dari Batam dan Tanjungpinang untuk menghibur para tamu undangan.

”Saat malam penutupan, kita beri hiburan kepada tamu undangan sebagai rasa syukur atas berdirinya Klenteng Pai Yi Thang sambil menikmati makanan yang telah disediakan,” ungkapnya.

Masih kata Kasmir, keberadaan klenteng Pai Yi Thang ini tidak membatasi suatu marga keturunan Tionghoa untuk melaksanakan ibadah. Melainkan siapa saja dari mana asalkan dipersilahkan untuk melakukan ibadah, artinya tidak memilah-milah marga siapa saja boleh.

”Kita berikan kebebasan, siapa saja atau marga apapun boleh melaksanakan sembahyang,” jelasnya.

Sementara pantauan di lapangan, saat malam penutupan, meski hujan mewarnai namun para tamu undangan tidak beranjak dari tempat duduk mereka. Sebaliknya mereka senang karena hujan dalam kepercayaan warga keturunan Tionghoa adalah ong atau berkah. (tri)

Respon Anda?

komentar