Wawako Tanjungpinang Syahrul mengunjungi Pameran museum Keliling di Gedung Gonggong Tanjungpinang, Selasa (21/3). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Museum Kebangkitan Nasional menggelar Pameran Museum Keliling di Gedung Gonggong Tanjungpinang, Selasa (21/3). Pameran yang digelar hingga 26 Maret mendatang ini menampilkan koleksi museum yang meliputi informasi dan pengetahuan seputar peristiwa pergerakan perjuangan bangsa.

Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul mengatakan, museum yang merupakan wadah dari pelestarian peninggalan sejarah dan budaya penting bagi masyarakat untuk memahami perkembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. “Artinya museum tidak hanya melestarikan benda-benda warisan budaya secara fisik, tetapi juga adat istiadat dan norma.” jelasnya.
Untuk itu Syahrul menghimbau kepada masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa mengunjungi pameran untuk mendapatkan edukasi dan informasi tentang sejarah Indonesia dari pameran yang baru pertama kali digelar di Tanjungpinang ini. “Kami akan menjadwalkan setiap sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA untuk mengujungi pameran ini. Dengan begitu, mereka akan memahami dan mendapatkan informasi tentang sejarah Indonesia,” imbaunya.
Sementara itu, Kasi Pengkajian Kemendikbud Isnudi mengatakan tujuan utama dari pameran ini adalah untuk membangkitkan semangat belajar generasi muda, sehingga mereka lebih mendalami sejarah nasional dan bisa mewarisi nilai-nilai perjuangan.
“Pameran menampilkan informasi dan pengetahuan tentang sejarah pergerakan Indonesia yang merupakan pertanda dimulainya era baru bagi pemuda Indonesia,” katanya.
Menurutnya, target pengunjung pameran yang digelar di Kota Tanjungpinang ini adalah 2.500 pengunjung, namun bukan hanya jumlah kunjungan, Kemendikbud menargetkan generasi muda penerus bangsa dapat mewarisi nilai-nilai sejarah dari tokoh perjuangan Indonesia. (odi)

Respon Anda?

komentar