Agus Supardi.

batampos.co.id – Tahun Ini Pemerintah kembali kucurkan dana untuk bantuan rumah layak huni untuk Natuna. Setiap unit rumah, dianggarkan Rp 30 juta.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pemkab Natuna Agus Supardi mengatakan, bantuan rumah layak huni tahun 2017 ini merupakan program Kementerian PU dan Perumahan Rakyat (PU PR).

Program rumah layak huni ini sambung Agus Supardi, Kementerian PU mengalokasikan anggaran sebesar Rp 9 miliar. Namun sasarannya di beberapa Desa di Kecamatan Serasan dan Kecamatan Midai.

“Tahun ini Kementerian PU PR kucurkan dana Rp 9 miliar untuk bangun rumah warga tidak mampu, dengan rumah yang lebih layak dihuni” kata Supardi kemarin.

Agus Supardi mengataan, sasaran program rehab rumah layak huni tahun ini tidak hanya membangun yang baru, namun ada kategori hanya merehab rumah yang tidak layak menjadi lebih layak huni.

Untuk bangun rumah layak huni kata Supardi, dianggarakan sebesar Rp 30 juta dan hanya merehab dibantu sebesar Rp 15 juta per unit.

“Bantuan rumah layak huni dari Kementerian PU PR tahun ini Rp 30 juta per unit. Sementara untuk rehabnya saja dibantu Rp 15 juta per unit,

Bantuan rumah tidak layak huni ini tegas Agus Supardi, diberikan kepada warga kurang mampu. Data penerimanya berdasarkan nama warga yang diusulkan Pemerintah Desa melalui Camat.

“Tapi data yang diusulkan Desa akan diverifikasi. Kementerian PU PR yang akan menentukan warga yang menerima bantuan rumah layak huni maupun rehab rumah tidak layak huni,” ujar Agus Supardi.

Program bantuam rumah layak huni ini akan diawasi Pemerintah Daerah, Kepala Desa dan Camat setempat. Dana bantuan juga ditranfer langsung kepada penerima bantuan.

“Program ini tentu sangat membantu masyarakat kurang mampu di Natuna. Mudahan terus bergulir,” harap Agus Supardi.(arn)

Respon Anda?

komentar