Jumat, 19 April 2024

Isi SOTK, 52 Pamen Polisi Naik Pangkat Jadi Brigjen

Berita Terkait

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

batampos.co.id – 52 perwira berpangkat Komisaris Besar (Kombes) naik pangkat jadi Brigadir Jenderal (Brigjen).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerangkan, hal ini dilakukan untuk mengisi struktur organisasi tata kelola (SOTK) baru yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Sehingga memang banyak diperlukan jenderal baru.

“Jadi memang cukup banyak, karena isi formasi SOTK yang baru, juga tambahan bintang dua dan bintang satu yang ada SOTK itu,” ucap Tito di Korps Raport Kenaikan Pangkat, Wisma Bhayangkari, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Kamis (23/3).

Selain itu, alasan kenaikan pangkat kata Tito untuk penempatan para pati agar memenuhi formasi jabatan di luar institusi Polri. Misalnya di Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Keamanan Laut (Bakamla), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Nantinya Kepala BNN daerah itu semua bintang satu dan menguntungkan kita, karena ini beri ruang untuk jabatan pati lebih banyak,” ucap Tito.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menambahkan, langkah itu dapat mengurangi bottle neck di pangkat Komisaris Besar (Kombes). Sehingga para Kombes yang dianggap eligible atau memenuhi syarat bisa mendapatkan promosi jabatan.

“Kami harapkan nantinya bisa memberi kesempatan kepada teman-teman Kombes, apalagi sebagian dari yang naik pangkat hari ini, ada juga yang purna. Sehingga nanti membuat regenerasi teman yang ada di jabatan Kombes kesempatan yang lebih besar,” tambah Tito. (elf/JPG)

Update