Jumat, 29 Maret 2024

Menteri Sosial Minta Pemda Perbaharui Data Warga Miskin

Berita Terkait

batampos.co.id- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta Pemerintah Daerah (Pemda) ikut aktif memperbaharui data miskin. Dengan demikian, penerima manfaat bantuan sosial (bansos) dari pemerintah tepat sasaran.

“Perbaikan dan pemutakhiran data agar mereka yang miskin tidak “terlewat” dan bisa memperoleh bansos. Saya mohon bantuan pemerintah daerah,” harap Khofifah, saat berkunjung mendampingi Presiden joko Widodo di Batam, siang tadi, Kamis (23/3).

Menurutnya, kini pemerintah daerah dapat mudah memperbaharui data warga miskin, pasalnya Desember 2016 lalu Kementrian Sosial (Kemensos) telah meluncurkan Sistem informasi dan konfirmasi data (siskada). Setiap Dinas Sosial (Dinsos) di daerah telah dibekali username sekaligus password.

“Harapannya daerah bisa secara mandiri mengupdate data kemiskinan sesuai dinamika status sosial ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Khofifah menilai keberadaan SiskadaĀ  kurang dimaksimalkan pemerintah daerah. Ke depan, dia berharap pemanfaatan Siskada dapat dimaksimalkan. Harapan ini penting untuk dilakukan, mengingat kemiskinan adalah hal yang dapat berubah.(cr13)

Update