batampos.co.id – Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mendukung langkah tegas Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang menginginkan Natuna dan Anambas tidak tidak dikotori dengan investasi-investasi berat seperti shipyard. Karena Natuna-Anambas harus difokuskan untuk pembangunan pariwisata.

“Wajib hukumnya kita untuk sama-sama memproteksi Anambas dan Natuna dari aktivitas pencemaran lingkungan,” ujar Jumaga di kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Rabu (23/3).

Menurut legislator PDI Perjuangan tersebut, Natuna dan Anambas bagaikan bidadari panoramanya. Jumaga khawatir, apabila ada investasi berat yang didorong tumbuh kedua daerah tersebut, bisa saja merusak keindahan alam di Natuna dan Anambas. Atas dasar itu, perlu kebersamaan untuk membangun pariwisata Natuna dan Anambas.

“Sayang tentunya kalau potensi bahari yang ada kita sia-siakan. Tak cukup kalau hanya gubernur, kalau tidak dukung bupati Natuna dan Anambas,” papar Jumaga.

Terpisah Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan Natuna dan Anambas memang masih membutuhkan berbagai pembangunan infrastruktur yang mendukung pembangunan pariwisata. Ditegaskan gubernur, dirinya juga akan berupaya untuk mendapatkan dukungan dari APBN.

“Kita membutuhkan penerbangan Internasional di Anambas atau Natuna. Sehingga pergerakan pariwisata Kepri akan lebih cepat,” ujar Gubernur Nurdin.

Menurut Nurdin, daerah-daerah pariwisata di Kepri harus didorong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Masih kata Nurdin, Natuna dan Anambas juga perlu ada regulasi khusus. Atas dasar itu, perlu dukungan pusat. Karena tidak cukup hanya daerah.

“Kita terus promosikan Natuna dan Anambas. Mudah-mudahan investasi pariwisata tumbuh di kedua daerah tersebut,” tutup Nurdin. (jpg)

Respon Anda?

komentar