Rangkai Pulau, Dishub Buat Rute Baru

batampos.co.id – Kabupaten Lingga dengan kondisi geografis kepulauan mengharuskan Dinas Perhubungan membuat rute baru untuk melayani masyarakat yang menempati sejumlah pulau. Salah satu yang paling banyak penduduk yakni Kecamatan Senayang yang memiliki 300 pulau besar dan kecil.

“Untuk melayani seluruh penduduk di Kecamatan Senayang kami adakan rute baru untuk transportasi laut,” ujar Kepala dinas perhubungan (Dishub) kabupaten Lingga, Yusrizal.

Dishub kata Yusrizal akan merintis rute pelayaran reguler antar pulau wilayah Kecamatan Senayang paling utara dengan menggunakan kapal Dinas Perhubungan mulai awal April ini. Selain itu direncanakan juga menggunakan speed milik Pemerintah Lingga. Namun setelah kondisi stabil, direncanakan akan menggunakan kapal komersil.

Dengan adanya kapal reguler nanti, Yusrizal optimis Senayang bisa berkembang. Ditambah lagi banyak potensi di wilayah tersebut yang belum tergarap hingga kini.

Rencana rute pelayaran program merangkai pulau Senayang ini, dijelaskan Yusrizal, regulasinya dimulai dari pelabuhan Sungai Tenam Lingga dan berakhir di Pulau Wisata Benan, dengan transit ke sejumlah pulau yang dilintasi. Rute regular ini sementara waktu akan dikelola pihak Dishub. Sedangkan ongkos mengacu pada peraturan Bupati Lingga (Perbup).

“Sebenarnya layanan rute ini untuk memancing pihak ketiga untuk melayani rute tersebut. Jika sudah stabil dan ada operator yang mau, kami silahkan untuk menangani rute tersebut sesuai aturan yang ada,” jelas Yusrizal. (mhb)

Respon Anda?

komentar