Sabtu, 20 April 2024

Air Terjun Jelutung Atasi Kekurangan Air Bersih

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Lingga, Alias Wello yakin persoalan air baku kota Batam yang semakin menipis dapat diselesaikan dari Lingga. Solusi jitu tersebut kata Awe sapaan akrab Bupati Lingga mampu diselesaikan dengan satu air terjun Jelutung, desa Mentuda Lingga untuk kebutuhan seluruh kota Batam.

Bahkan, Awe optimis debit air Jelutung yang selama ini terbuang percuma ke laut tersebut mampu menjadi solusi. Sehingga Batam tidak perlu menambah pembangunan dam baru untuk kebutuhan air bersih.

“Kabupaten Lingga memiliki banyak air terjun yang belum dimanfaatkan. Untuk kebutuhan air baku Batam sebesar 3.250 liter per detik, cukup dipasok dari air terjun Jelutung,” kata Awe, Jumat (24/3).

Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan sebuah perusahaan konsultan beberapa tahun lalu, lanjut Awe diketahui debit air terjun Jelutung, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga yang mengalir langsung ke laut itu, mencapai 4.000 liter per detik.

“Ini baru satu air terjun saja sudah bisa mengatasi kebutuhan air baku Kota Batam dan sekitarnya. Bahkan, kalau kita lihat volumenya sudah berlebih,” imbuhnya.

Terkait cara mengalirkan air ke Batam, Awe mengatakan pemerintah tentu sudah memiliki pengalaman mengalirkan gas dengan pipa bawah laut dari Natuna ke Singapura. Jaraknya juga tak tanggung-tanggung mencapai 500 Kilometer. Jika kedepan jaringan air dibangun dari Jelutung ke Batam, pasokan air bersih ungkapnya bakal mampu diatasi dari Lingga. (mhb)

Update