Kamis, 28 Maret 2024

Empat Mesin Pembangkit Listrik Rusak

Berita Terkait

batampos.co.id – PT (Persero) PLN Rayon Tanjungbalai Karimun, kembali melakukan pemadaman listrik secara bergiliran selama sepekan ke depan. Pemadaman listrik tersebut, dikarenakan terjadinya gangguan pada Pembangkit PLTU Tanjungsebatak, dan PLTD Bukit Carok. Sehingga, PLN mengalami defisit daya sebesar 2,5 Megawatt dari 25 Megawatt menjadi 22,5 Megawatt saat ini.

”Sudah sejak hari Kamis lalu kita mengalami kerusakan dua unit mesin di PLTD Bukit Carok, dan unit 2 di PLTU Tanjungsebatak. Jadi saya mohon maaf atas ketidaknyaman para pelanggan, yang akan diusahakan secepatnya perbaikan di PLTD maupun PLTU Tanjungsebatak,” jelas manager PT (Persero) PLN Rayon Tanjungbalai Karimun Fauzar Zain, kemarin (24/3).

Dikatakan, pihaknya sekarang sedang menunggu material yang dibutuhkan terhadap dua unit mesin yang ada di PLTD Bukit Carok. Sedangkan, pemadaman secara bergilir dilakukan selama 4 jam sekali dengan rentang waktu mulai pukul 13.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari.

”Pemadaman dengan estimasi sekitar 4 Jam. Pas kebetulan saja, kerusakan bersamaan dengan PLTU Tanjungsebatak. Maklum saja beberapa hari ini cuaca cukup panas kali, sehingga berdampak terhadap mesin yang ada di PLTD Bukit Carok,” ungkapnya.

Sementara Manager PLTU Tanjung Sebatak Lukman ketika dikonfirmasi membenarkan, adanya gangguan di mesin unit 2 yang sekaligus dilakukan perawatan rutin. Namun, demikian pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki mesin di unit 2. Sedangkan, mesin unit 1 masih dalam perbaikan yang diperkirakan pada bulan April mendatang sudah mulai beroperasi.

”Sejak Senin lalu, sudah tidak beroperasi. Kita prediksikan Senin depan sudah dapat beroperasi seperti semua dan langsung mensuplay ke PLN Pelanggan,” tuturnya. (tri)

Update