Selasa, 19 Maret 2024

PU Mempersiapkan Lelang Jembatan Dompak

Berita Terkait

Sejumlah pengendara melintas di jembatan Dompak Tanjungpinang, Jumat (24/3). F.Yusnadi/Batam Pos

Batampos.co.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kepri, Abu Bakar mengatakan perampungan Jembatan I Dompak ditargetkan selesai bulan November mendatang. Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan proses lelang.

“Kegiatan-kegiatan strategis yang ada di Dinas PU Kepri semua sudah tayang dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan,” ujar Abu Bakar menjawab pertanyaan Batam Pos, Jumat (24/3) di Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang.

Menurut Abu Bakar, Jembatan Dompak adalah ikon bagi Ibu Kota Provinsi Kepri. Tentu harus ditata sedemikian rupa. Disebutkannya, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun juga menginginkan Jembatan I Dompak rampung sempurna. Masih kata Abu Bakar, ada beberapa rencana pekerjaan penting di Pulau Dompak yang ditangani Dinas PU Kepri.

Dijelaskannya, kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya peningkatan jalan pusat Pemprov Kepri dengan pagu anggaran sebesar Rp14,3 miliar. Kemudian adalah untuk finishing dan bangunan pelengkap Jembatan I Dompak senilai Rp10,7 miliar. Selain itu ada juga penataan pintu masuk Jembatan Dompak sebesar Rp4,8 miliar.

“Kegiatan strategis lainnya adalah penataan Bundaran arah Jembatan I Dompak senilai Rp1,4 miliar,” papar Abu Bakar.

Lebih lanjut katanya, khusus untuk penataan bundaran Dompak dari arah Jembatan I Dompak, pihaknya sudah menerima Detail Engineerimg Design (DED) dari Dinas Kebudayaan (Disbud) Kepri. Akan tetapi, ada perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan. Karena masih belum sempurna.

“Perbaikan ini yang sedang kita Gesa. Karena semua kegiatan tersebut adalah pengadaan umum,” tutup Abu Bakar. (jpg)

Update