batampos.co.id – Anggota DPR RI asal Kepril Dwi Ria Latifa sangat optimis terhadap poros maritim wilayah bagian Barat seperti Provinsi Kepri akan terus berkembang sesuai dengan misi Presiden RI Joko Widodo. Sehingga, antara poros maritim bagian Timur nantinya akan terkoneksi dengan bagian Barat yang menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi dunia.

”Memang benar, ada kabar Tiongkok akan membangun Kra Canal atau alur lalulintas kapal yang memotong langsung jalur Selat Malaka,” kata Dwi Ria Latifa melakukan kunjungan kerja ke Tanjungbalai Karimun, pekan lalu.

Walaupun baru wacana Kra Canal akan dibangun, akan tetapi apa salahnya kita berikan masukan kepada Pemerintah Pusat. Dan di daerah juga, harus proaktif untuk memberikan informasi yang benar kepada Pemerintah Pusat. Sehingga, poros maritim bagi Barat tetap berjalan seiring dengan perkembangan dunia terutama bagi Singapura.

”Daerah kita inilah, yang sangat strategis jalur ekonomi dunia. Anda bisa liat sendiri, potensinya sangat luar biasa. Paling penting Pemerintah Daerah harus benar-benar mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama aparatur negera yang baru bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi,” tuturnya.

Jadi lanjut Ria lagi, tidak usah khawatir kali terhadap wacana pembangunan Kra Canal tersebut. Yang perlu dilakukan meningkatkan penjagaan dan pengawasan di kawasan Kepri khususnya Natuna dan Anambas karena jalur tersebut akan banyak dilalui oleh kapal-kapal dari Tiongkok, Indocina, India, Jepang dan Eropa jika Kra canal eksis.
Sebab, tren geopolitik dunia saat ini akan berkiblat ke Asia termasuk Indonesia. Dimana yang paling penting Pemerintah Indonesia harus berkonsentrasi pada penguatan pertahanan dan keamanan maritim di kawasan Kepri khususnya Natuna, Anambas, Kalimantan dan Sulawesi Utara.

”Semuanya harus bersama-sama, jangan menyerahkan ke Pemerintah Pusat. Tapi semua elemen masyarakat yang ada di Kepri harus bahu-membahu untuk membangun daerahnya dengan memanfaatkan potensi wilayah yang ada,” ucapnya. (tri)

Respon Anda?

komentar