Banyak Anak Yatim Nunggak Bulanan Sekolah

batampos.co.id – Ada banyak anak yatim di kota Batam. Beberapa di antaranya ada yang tinggal di sejumlah panti asuhan agar kebutuhan sehari-hari bisa tertutupi. Sebagian yang lain, masih bertahan dengan keluarga. Tapi nasibnya sama: mereka punya kebutuhan rutin bulanan untuk dapat sekolah. Dari sejumlah data yang didapatkan, banyak di antara anak yatim yang masih menunggak biaya bulanan sekolah mereka. Utamanya mereka yang tinggal bersama keluarga dan bukan di panti asuhan.

Hal ini yang lantas menjadi perhatian Yayasan Yatim Mandiri Kota Batam. Pada perayaan ulang tahun ke 23, mereka menyalurkan bantuan kepada anak-anak yatim non panti asuhan yang ada di Batam.

“Kegiatan ini juga kami sejalankan dengan baksos,” kata Irham, staf program Yayasan Yatim Mandiri, di Kantor Camat Batam Kota, Minggu (26/3).

Agar donasi yang disalurkan tidak salah sasaran, Yayasan Yatim Mandiri, kata Irham, sudah melakukan verifikasi anak yatim yang ada di kecamatan Batam Kota. Pendataan dan verifikasi ini dilaksanakan dari tingkat RT agar benar-benar dapat memetakan kondisi anak yatim yang benar-benar membutuhkan. Hal ini perlu dilakukan pula agar ada pemerataan bantuan sehingga tidak terjadi monopoli satu pihak saja.

Kebutuhan anak yatim non panti asuhan berdasarkan proses verifikasi tersebut, kata Irham, masih seputar penunggakan biaya sekolah.

“Beberapa telah kami lunaskan tunggakannya. Namun hanya semampu kami dan masih banyak anak-anak dengan kondisi yang sama,” ujar dia.

Dengan mengarahkan perhatian kepada anak-anak yatim non panti, Irham menuturkan harapannya kepada masyarakat luas untuk bersama dapat menjangkau dan membantu meringankan kebutuhan lain anak yatim di Kota Batam yang, tak ditampiknya, masih cukup tinggi.

“Kami hanya fasilitator dari kepedulian para donatur kami,” kata Irham.

Pada bakti sosial kemarin, Yayasan Yatim Mandiri juga turut menggelar layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Batam Kota. Mulai dari pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, khitan gratis, dan juga bantuan peningkatan gizi berupa sembako kepada 166 anak yatim dan juga kepada orang-orang difabel dan lanjut usia. (aya)

Respon Anda?

komentar