Kamis, 28 Maret 2024

Lahan Parkir di Batam Sebanyak 555 Titik

Berita Terkait

batampos.co.id – Titik lahan parkir di jalan umum mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Survei Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam memastikan jumlah titik parkir di Batam bertambah. Jika semula lokasiparkir hanya 202 titik, kini naik jadi 555 titik atau bertambah 353 titik.

Kepala Dishub Kota Batam, Yusfa Hendri menyebutkan titik parkir jalan umum di Batam akan terus bertambah seiring pembangunan Batam. “Kalau ada wilayah baru yang tumbuh, titik parkir baru juga akan tumbuh,” kata Yusfa kemarin (26/3/2017).

Menurutnya, pertumbuhan titik parkir ini merupakan kabar baik. Pasalnya, tahun ini target retribusi parkir cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp 4 miliar. “Target kita tahun ini besar nih, Rp 30 miliar,” sebutnya.

Dia mengatakan, survei titik parkir merupakan satu tahapan perbaikan perparkiran di Batam. Setelah survei ini, pihaknya akan melakukan survei potensi. Tahapan ini dilakukan untuk melihat potensi retribusi yang bisa diambil di masing-masing titik. “Kalau sudah kita lakukan (survei potensi), kita bisa memetakan target potensi tiap titik parkir,” ucapnya.

Namun demikian, seiring bertambahnya titik parkir, untuk sementara ini tidak ada penambahan jumlah juru parkir (Jukir). Kini pihaknya masih berpatokan pada jumlah jukir yang terdata di Dishub Batam, yakni sebanyak 477 jukir. “Tetap 477 itu (jukir), belum ada penambahan. Mereka nanti akan dibayar sesuai UMK (upah minimum kota),” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Batam, Nyanyang Haris Pratamura berharap penambahan titik parkir tersebut bisa memberikan sumbangsih Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir. “Kita harapkan demikian (PAD bertambah, red),” ucapnya.

Dia menambahkan, bila target tahun ini akan terpenuhi, tidak tertutup pada tahun 2018 mendatang juga targetnya naik. “Potensi ini harus dioptimalkan,” tegasnya. (cr13)

Update