Suhu Udara di Batam Capai 34 Derajat

Petugas BMKG memantau kondisi cuaca. Foto: istimewa

batampos.co.id –¬† Cuaca panas bersuhu 33-34 derajat celcius¬† melanda wilayah Kota Batam beberapa hari terakhir. Hawa panas ini diperkirakan akan berlangsung dua atau tiga minggu ke depan dengan suhu tertinggi pada pukul 14.00 WIB.

Mulyana warga Batamcenter merasakan suhu panas yang dianggap cukup ekstrim beberapa hari belakangan. Cuaca panas tersebut membuatnya malas keluar ruangan, apalagi di siang hari.

“Panasnya gila. terasa menyengat ke kulit. Apalagi siang hari, malas diluar ruangan,” kata Mulyana, Minggu (26/3).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Hang Nadim Batam, Philips Mustamu membenarkan adanya peningkatan suhu panas cuaca di Batam. Peningkatan suhu panas disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya matahari sedang berada diatas garis khatulistiwa, panas yang berasal dari energi di dalam bumi dan kemudian faktor kelembapan udara.

“Tiga faktor ini menjadi penyebab suhu panas. Tapi faktor utama karena matahari berada diatas khatulisiwa atau disebut global pendek,” terang Philips yang dihubungi, kemarin.

Menurut dia, suhu panas diatas normal ini akan terjadi dua hingga tiga minggu kedepan. Dengan perkiraan suhu mencapai 33-34 derajat celcius pada siang hari. Suhu tertinggi berlangsung pada pukul 14.00 WIB dan kemudian menurun sedikit demi sedikit hingga malam hari.

“Suhu 33-34 derajat ini memang diatas normal. Kalau suhu normal itu biasanya dibawa 33 derajat atau berkisar 24-30 derajat. Itu sudah panas,” imbuh Philips.

Disisi lain, Philips menegaskan jika suhu panas di Batam tidak akan lebih dari 35 derajat, seperti yang terjadi di negara bagian timur. Setelah tiga minggu kedepan, suhu cuaca diperkirakan akan normal kembali.

“Suhu tak akan lebih dari 35 derajat,” sebut Philips mengakhiri. (she)

Respon Anda?

komentar