Yayasan Marga Huang Kabupaten Lingga Dikukuhkan

Seluruh Marga Huang Kabupaten Lingga turut hadir dalam pengukuhan di Jalan Kartini. F. Wijaya Satria/batampos.

batampos.co.id – Yayasan Keluarga Marga Huang Kabupaten Lingga resmi dibentuk di gedung pertemuan di Jalan Kartini, Dabo Singkep, Sabtu (25/3) malam. Seluruh Marga Huang yang hadir malam itu sepakat menunjuk Khuang Wen Djoen sebagai ketua yayasan Marga Huang Kabupaten Lingga.

Menurut Suryono salah seorang sesepuh Marga Huang yang hadir makan itu mengatakan, Yayasan Marga Huang telah banyak berdiri di seluruh daerah di Indonesia. Namun di Kabupaten Lingga, panitia pembentukan memerlukan waktu untuk mendata seluruh warga Tiong Hoa khususnya yang bermarga Huang, sehingga yayasan tersebut baru dapat di kukuhkan malam kemarin.

“Malam ini saja yang hadir dari berbagai penjuru daerah bahkan ada yang dari luar negeri, ada dari Hongkong dan Tiongkok,” ujar Suryono di lokasi pengukuhan.

Suryono menjelaskan, keturunan Marga Huang banyak tersebar ke seluruh penjuru dunia dengan berbagai suku yang berbeda antaranya, Suku Keh, Suku Tio Ciu, Suku Hokian, Suku Ainam dan lainnya. Walau terdiri dari berbagai suku namun pada dasarnya mereka dari leluhur yang sama.

Pendirian yayasan Marga Huang ini, sambung Suryono, bukan sebagai pembatas dengan yayasan lainnya dan tidak juga menjadikan mereka berbeda dengan warga Tiong Hoa yang ada di Nusantara saat ini. Suryono menegaskan walau membentuk Yayasan Marga Huang, namun mereka tetap menyadari bahwa mereka adalah sama yakni sebagai warga negara Indonesia.

“Bukan berarti kami Marga Huang merasa berbeda dengan warga Tiong Hoa yang lainnya. Kami tetap sebagai warga Indonesia,” ujar Suryono.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua terpilih Yayasan Marga Huang, Khuang Wen Djoen menambahkan, yayasan ini dibentuk untuk merekatkan persaudaraan antar sesama khusunya bagi Marga Huang sendiri. Kedepan rencannya akan terus dilakukan kegiatan dengan tujuan perekat tali persaudaraan dengan program seperti bakti sosial dan kegiatan serupa lainnya.

“Kami merasa beruntung dengan adanya pembentukan Yayasan Marga Huang ini. Kami jadi kenal satu dengan yang lainnya dan baru mengetahui kalau kami sebenarnya satu leluhur,” kata Khuang Wen Djoen.

Untuk kegiatan awal, Khuang Wen Djoen akan membentuk tim yang akan menentukan seluruh perangkat organisasi kepengurusan Yayasan Marga Huang. Setelah pembentukan struktur organisasi Yayasan Marga Huang, Khuang Wen Djoen mengharapkan yayasan dapat berjalan dengan semestinya dan bermanfaat bagi sesama dan Bangsa Indonesia. (wsa)

Respon Anda?

komentar