batampos.co.id – Dinas Pendidikan Karimun, tetap memberikan motivasi terhadap siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Kertas-Pena (UNKP) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tidak lama lagi akan dilaksanakan.

Walaupun kewenangan SMA sudah diambil alih oleh Provinsi Kepri, akan tetapi tidak salahnya memberikan semangat kepada para siswa SMA/Sederajat untuk terus belajar mempersiapkan diri menghadapi UNKP maupun UNBK.

”Benar, kewenangan ada di provinsi. Tapi kita ingin anak-anak SMA/Sederajat berhasil mengikuti UN semuanya,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim, kemarin (27/3).

Lanjutnya, sudah sepekan lalu para pelajar SMA/Sederajat sedang melaksanakan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional (UASBN) dengan mata pelajaran yang di ujiannya semua. Seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Matematika dan kejuruan bagi SMK. Dengan jumlah Sekolah Menangah Atas (SMA)/Sederajat ada 33 sekolah termasuk SMK, SMALB yang ada di kabupaten Karimun.

”Kemarin, terakhir pelaksanaan UASBN. Kalau menurut data pelajar yang mengikuti Ujian Semester Ganjil beberapa waktu lalu, untuk tingkat SMA/Sederajat mencapai 10.376 pelajar,” jelasnya.

Sementara persiapan UN, dimasing-masing sekolah sudah melaksanakan tray out yang diadakan sekolah secara tersendiri. Maupun tambahan latihan soal bagi para pelajar SMA/Sederajat. Sebab, Disdik Karimun tidak dapat menganggarkan lagi karenakan ada aturan dari Pusat.

”Hingga saat ini pihak sekolah sudah membuat langkah-langkah persiapan jelang UN. Yang sudah dijadwalkan pada 20 April mendatang,” kata Bakri lagi.

Dan dirinya juga, tidak bosan-bosannya menghimbau kepada orangtua murid untuk memperhatikan anak-anaknya yang akan mengikuti UN. Terutama, untuk menjaga kesehatan serta terus meningkatkan belajar dirumah selain disekolah. Sehingga, ketika UN sudah dimulai para pelajar nantinya bisa mengisi lembar jawaban dengan sempurna.

”Paling penting menjaga kesehatan bagi para pelajar. Karena, selepas UASBN langsung persiapan Ujian Nasional Kertas-Pena (UNKP) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” pesannya. (tri)

Respon Anda?

komentar