Wakil Walikota Tanjungpinang memimpin rapat persiapan MTQ Ke 11 Tingkat Tanjungpinang di Kantor Walikota Tanjungpinang, kemarin. F.Humas Pemko Tanjungpinang untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan perhelatan Musbakah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XI Tingkat Kota Tanjungpinang akan dipusatkan di Terminal Sei Carang, Kawasan Bintan Center, Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Untuk pelaksanaannya akan dilakukan selama delapan hari mulai dari 17-24 April mendatang.

“Kami sudah menggelar dua kali rapat untuk mematangkan agar perhelatan MTQ 2017 ini berjalan sukses. Maka dihimbau kepada seluruh koordinator melaksanakan tugasnya masing-masing. Kalau ada apa-apa dilapangan segera berkoordinasi,” ujar Syahrul ketika dikonfirmasi, kemarin.

Ditanya persiapan yang telah dilakukan, Syahrul mengatakan sejauh ini baru pembahasan serta pembagian tugas saja. Seperti pembahasan penyediaan tempat acara, persiapan astaka, pawai taaruf, persiapan kafilah serta stand bazaar untuk pameran MTQ Expo. Kemudian diakhir MTQ direncanakan akan ada ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Hari Moerti.

Sedangkan tugas untuk melaksanakan item-item persiapan itu, lanjut Syahrul, akan dilakukan oleh seluruh instansi terkait. Mulai dari bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanjungpinang serta jajaran dari 4 kecamatan dan 18 kelurahan. .

“Setiap orang atau instansi telah dipercayai untuk melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggungjawab. Sedangkan yang mengisi stand bazar mulai dari pihak perbankan, OPD PKK, GOW, Kecamatan, dan Kelurahan,” beber Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tanjungpinang ini.

Qori dan qoriah yang telah meraih juara tingkat kelurahan maupun kecamatan, kata Syahrul, diminta terus latihan untuk meningkatkan mutu bacaan Alquran. Bilaperlu mengikuti pemondokan agar lebih meningkatkan kemampuan tilawahnya. Dengan begitu qori dan qoriah yang dimiliki Tanjungpinang sangat berkualitas tinggi dan mampu berkompetisi diajang tingkat Kepri sampai nasional bahkan internasional.

Syahrul berharap pelaksanaan MTQ ini tak hanya sekedar ajang mencari juara saja. Namun kegiatan ini mampu mendorong peningkatan ibadah, ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Kemudian juga menumbuh kembangkan nilai-nilai atau kualitas pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran sebagai bekal pedomaan kehidupan.

“Untuk STQ Tingkat Provinsi nilai standar penilainnya 90 karena hanya tiga cabang saja yang dipertandingkan. Sedangkan MTQ standar penilainnya 85 karena ada 8 cabang. Agar qori dan qoriah bisa lulus dengan nilai diatas standar diharapkan mengikuti pemondokan. Kemudian selalu menjaga kesehatan, meningkatkan kemampuan baik kemampuan membaca, ibadah maupun ilmu pengetahuan,” ungkap Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tanjungpinang ini. (ary)

Respon Anda?

komentar