Jumat, 19 April 2024

Nelayan Tarempa Hilang di Laut Cina Selatan

Berita Terkait

batampos.co.id – Salah seorang nelayan asal Pasir Merah kelurahan Tarempa Herman (46) hilang saat mencari ikan di laut lepas dekat pengeboran minyal lepas pantai. Hilangnya Herman ini diketahui ketika Haris, teman satu kapal pulang sendiri.

Ahmad, kakak ipar Herman, kaget ketika mendapat kabar dari Haris yang saat itu pulang sendiri, Selasa (28/3) pagi tanpa melihat Herman adik iparnya.

Haris menjelaskan pada Ahmad, Haris dan Herman adik iparnya pada awalnya pergi melaut pada hari Sabtu (25/3). Pada hari Senin (27/3) sekitar pukul 23.00 WIB ombak besar dan angin kuat sehingga mereka memutuskan pulang. Tiga jam perjalanan pulang, kapal kayu yang mereka gunakan sudah tiba disekitar pulau Durai atau sekitar dua jam lagi sudah sampai di Tarempa. Saat itu Haris meminta Herman untuk menguras air yang masuk pompong yang biasanya menggunakan pompa yang dipasang di lambung kapal. Setelah selesai mengeluarkan air dari pompong, Herman menuju ke belakang kapal sementara itu Haris masih memegang kendali pompong.

Selang 10 menit dari pantuan pertama Haris yang masih melihat Herman mengeluarkan air, saat Haris kembali menengok ke belakang, Herman sudah tidak ada lagi.

Setelah Haris sadar kalau Herman hilang, Haris mencari dengan mencoba balik arah untuk mencari Herman. Haris juga mematikan mesin dan memanggil Herman dengan teriakan keras, tapi tak ada hasil.

“Yakin kawannya Herman hilang, Haris memutuskan untuk pulang dan memberitahu hilangnya Herman ke keluarga,” ujar Ahmad saat ditemui Rabu (29/3).

Kabar dari Harris langsung dilaporkan ke beberapa pihak, seperti Dinas Perikanan Pertanian dan Ketahanan Pangan, warga Dusun dan dari Pemuda Pancasila pada Rabu (29/3) pagi juga ikur berangkat menuju lokasi tempat dimana Herman menghilang.

“Benar tadi pagi kita yang mengkoordinir keberangkatan kapal relawan yang akan mencari keberadaan Herman,” ungkap Komandan Kepolisian Kawasan Pelabuhan Aiptu Nuridin kepada wartawan kemarin.

Setelah sore hari, tim pencarian korban juga belum mendapatkan kabar baik. Dikabarkan tim juga tidak menemukan keberadaan Herman.

“Informasi terakhir nihil, tim tidak menemukan keberadaan korban dan sekarang ini sudah dalam perjalanan pulang,” ungkap Nuridin.

Ketika ditanya mengenai pengakuan Haris kepada pihak kepolisian, pihaknya belum bisa memberikan tanggapan karena saat ini Haris, belum dimintai keterangan lantaran kembali lagi kelaut ikut mencari korban. “Pihak kepolisian pun belum bisa komentar, kita tunggu hasilnya setelah pencarian selesai,” jelas Nuridin. (sya)

Update