Jumat, 19 April 2024

Jalanan Dompak Rawan Lakalantas

Berita Terkait

Simpang menuju Jembatan Dompak, salah satu titik rawan kecelakaan. Pembatas jembatan diduga jd pemicu. F. Faradilla/batampos.

batampos.co.id – Para pengendara yang melintas di simpang menuju Jembatan I Dompak mesti lebih waspada. Akses jalan menuju jembatan yang baru dibuka awal tahun lalu itu cukup ramai pada jam-jam berangkat maupun pulang kerja. Hal itu menyebabakan ruas jalan yang menghubungkan empat arus itu pun semakin padat. Karena itu perlu kewaspadaan agar tak tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Pasalnya, sejak akses jalan menuju Jembatan I Dompak itu dibuka, berulang kali terjadi kecelakaan lalu lintas. “Sering kali pun. Apalagi kalau hujan,” kata Udin, tukang parkir di sebuah kedai kopi yang berada di tepi jalan simpang tersebut, Kamis (30/3).

Masih kata Udin, yang paling baru, lakalantas terjadi sehari sebelumnya. Saat itu ketika hujan sedang deras-derasnya, sebuah mobil dari arah Jalan Basuki Rahmat melaju kencang dan menabrak mobil yang sedang dalam posisi terparkir. Belum lagi, kata Udin, beberapa pengendara motor juga kerap bersenggolan dari berlawanan arah.

“Kalau tak awas, ada pembatas jembatan yang belum dirobohkan. Ada juga yang pernah nabrak itu,” ujar Udin.

Pembatas jembatan yang dimaksudkan Udin adalah sisa dari pelebaran jalan menuju jembatan, yang sampai hari ini belum juga dirobohkan. Keberadaan pembatas itu juga dikeluhkan sejumlah pengandara.

“Apa sih susahnya merobohkan (pembatas) itu. Diratakan terus kan jadi rapi jalannya,” kata Hardieka, pengendara asal Bintan.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah ketersiediaan rambu-rambu atau kalau perlu lampu lalu lintas di sana. Menurut Hardieka, seiring waktu simpang menuju jembatan Dompak itu akan semakin ramai, terlebih pada jam-jam kerja.

“Kalau ada lampu merahnya kan bisa lebih tertib,” pungkasnya. (aya)

Update