Sabtu, 20 April 2024

Senin, UN SMK Mulai Digelar

Berita Terkait

Puluhan kotak yang berisi soal UN SMA sederajat dipindahkan dari mobil ke gudang Mapolres untuk diamankan, Jumat (31/3)

batampos.co.id – Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Provinsi Kepri, Atma Dinata mengatakan penyebaran naskah UN 2017 di tujuh kabupaten/kota di Kepri sudah rampung dilakukan. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dijadwalkan membuka sampul soal di SMK Negeri 1 Tanjungpinang, Senin (3/3)

“Hari ini (kemarin,red) soal UN sudah tiba di Kabupaten Karimun dan Lingga. Secara keseluruhan sudah rampung kita lakukan,” ujar Atma Dinas menjawab pertanyaan Batam Pos, Jumat (31/3) di Tanjungpinang.

Menurut Atma, untuk daerah-daerah terdepan seperti Natuna dan Anambas sudah dilakukan sejak sepekan yang lalu. Sedangkan daerah lainnya dilaksanan mendekati UN. Dijelaskannya, untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK akan digelar lebih awal, yakni tanggal 3 hingga 6 April. Sementara untuk SMA akan digelar pada 10 hingga 13 April mendatang.

Ditegaskan Atma, semua naskah yang sudah tiba di daerah, dalam pengawasan ketat pihak kepolisian selama 24 jam. Tindakan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran soal.

“Kita juga mengingatkan adik-adik untuk tidak mudah tertipu dengan, informasi-informasi yang tidak jelas. Harus tetap percaya diri, jangan sampai terjebak dengan ulah oknum yang bertanggungjawab,” harap Atma Dinata

Kepala Bidang Pendidikan SMA tersebut menguraikan, dari jumlah keseluruhan berada di tujuh Kabupaten/Kota di Kepri. Di Ibu Kota Provinsi Kepri 2.866 peserta UN SMA/SMK. Kemudian di Kabupaten Bintan jumlahnya 1.706, Batam 10.124, Karimun, 3.090, Natuna 1.155, Lingga sebanyak 1.024.Dimana untuk tingkat SMA/MA totalnya berjumlah 12.848 peserta dan untuk SMK sebanyak 8.032 peserta.

“Batam memang sejauh ini yang mendominasi jumlahnya. Karena belum semua sekolah punya perangkat komputer, makanya belum bisa UN berasis komputer secara menyeluruh,” papar Atma.

Ditambahkannya, sekolah yang telah siap dan mampu menggelar UN dengan sistem UNBK untuk tingkat SMA/MA tahun 2017 ini mengalami peningkatan. Dimana sebelumnya tahun 2016 sekolah yang mengikuti UNBK hanya 8 sekolah, sedangkan tahun ini meningkat mencapai 36 sekolah.

“Begitu juga dengan sekolah SMK dimana pada tahun 2016 lalu yang mengeglar UN dengan sistem UNBK hanya berjumlah 18 sekolah. Sedangkan tahun 2017 ini meningkat menjadi 45 sekolah,” tutup Atma.(jpg)

Update